Connect With Us

Kota Tangerang Terpilih Sebagai Daerah Terbaik Nasional

| Selasa, 3 November 2009 | 17:37

TANGERANGNEWS-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat melalui Mentri Keuangan Sri Mulyani. Kali ini, kota yang mengusung visi Ahlakul Karimah itu terpilih sebagai daerah berprestasi terbaik nasional, berdasarkan penilaian kinerja keuangan, peningkatan kinerja ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Penghargaan itu diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang Wahidin Halim dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, di Departemen Keuangan, Jakarta, kemarin. Sekretaris Daerah Kota Tangerang Harry Mulya Zein mengatakan, dipilihnya daerah ini sebagai wilayah berprestasi terbaik nasional dari tiga unsur penilaian. Pertama, dari sisi pendapatan asli daerah yang naik setiap tahun sejak 2007, 2008, 2009 hingga 16%. Berdasarkan penilaian Badan Pemeriksa Keuangan dan Departemen Keuangan ada pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata Nasional mencapai 6%. “Jadi kalau rata-rata pertumbuhan nasional 4 % dari gros nasional produk, kita ini ada kenaikan 6% dari produk domestik bruto," terang Harry, kemarin. Selain itu, penyelesaian APBD tepat waktu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yaitu kenaikan dari wajar dengan pengecualian (WDP) ke wajar tanpa pengecualian (WTP) serta mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama dua tahun berturut-turut juga menambah penilaian. “Jadi, yang pertama dinilai adalah soal stabilitas perekonomian yang berbuah dengan menurunnya angka inflasi pada tahun 2009. Tercatat pada triwulan II tahun 2009 angka inflasi Kota Tangerang hanya 0,26% atau terendah se-Propinsi Banten. Dengan demikian diperkirakan angka inflasi Kota Tangerang di 2009 hanya akan mencapai kisaran 2 – 3 %," tegasnya. Sedangkan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kota Tangerang mencapai 6,8 %. Penilaian kedua, yakni dalam menurunkan angka kemiskinan. Angka kemiskinan menurun menjadi 89.284 jiwa atau turun sebesar 5,67 % dari angka 95.140 jiwa di tahun 2007. Tercatat jumlah lowongan baru yang ditawarkan pada tahun 2008 mencapai lebih dari 9.000 lowongan. Sedangkan pada 2009 ini tercatat hingga November jumlah pengangguran dari 36.000 turun menjadi 23.000. “Ini lebih dikarenakan adanya pemodal yang masuk ke Kota Tangerang, seperti Tangerang City, Bandara, Alam Sutera, Taman Royal dan Modern Land,” jelasnya. Sedangkan penilaian terakhir soal pelananan izin serta infrastruktur. Soal perizinan dan prasarana jalan hingga ke kampung-kampung yang dikonblok dan penerangan ternyata juga menjadi nilai tambahan. “Saya bukan bermaksud saombong, para investor ternyata melaporkan ke Menteri Keuangan kalau perizinan di sini non pungli,” tegasnya. Sementara itu Ketua DPRD Kota Tangerang Herry Rumawatine menyambut gembira terpilihnya Kota Tangerang sebagai Pemerintah Daerah terbaik Nasional. “Kami harapkan penghargaan seperti ini bisa dipertahankan, kalau bisa malah ditingkatkan lagi,” singkatnya.(dira)
KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill