Connect With Us

Minim sarana Air Bersih di Tangerang, AirNav Sumbang Lima Waterwell

Denny Bagus Irawan | Jumat, 26 Februari 2016 | 09:59

Pesawat saat tengah terbang rendah atau sedang take off diatas Helikopter. (Dira Derby / TangerangNews.com)

 


TANGERANG
– Minimnya sarana dan prasarana air bersih di sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Tangerang, Banten, menggugah manajemen Perum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) untuk membangun fasilitas yang terbilang vital bagi kehidupan warga tersebut. Kemarin, Kamis, 25 Februari 2016, Bertempat di Pondok Pesantren Ummu Habibah, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten, BUMN yang dikenal dengan nama lain AirNav Indonesia tersebut meresmikan lima fasilitas air bersih multifungsi secara sekaligus.

”Fasilitas waterwell ini merupakan bagian dan Program Bina Lingkungan yang dilaksanakan oleh Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia. Ini bentuk nyata kepedulian perusahaan untuk mendukung kegiatan masyarakat yang membutuhkan ,” jelas Sekretaris Perusahaan Perum LPPNPI Air Suryadharma dalam sambutannya.

Ari memaparkan, selain lingkungan dengan keberadaan fasilitas penyedia air bersih yang minim, program waterwell juga dilaksanakan untuk mendukung aktivitas di lembaga-lembaga pendidikan yang membutuhkan. Sebelum program pembangunan fasilitas ini dilakukan, ada sejumlah proses yang dilalui  agar pemanfaatan fasilitas dapat secara optimal dirasakan oleh masyarakat.

”Ada tahapan seleksi dan survey kelayakan yang dilakukan oleh tim. Sebagai contoh, di Kelurahan Karangsari, Kota Tangerang, misalnya, kami menemukan masih adanya masyarakat yang memanfaatkan sungai untuk kebutuhan mandi dan mencuci. Lalu kami bangunkan satu unit waterwell yang lengkap di sana. Ada toilet, tempat mencuci, hingga tempat berwudhu,” jelas Ari Suryadharma.

Menurutnya, program serupa tidak hanya terfokus di Kota maupun Kabupaten Tangerang. Hal tersebut mengingat Perum LPPNPI sebagai badan usaha milik pemerintah diamanatkan untuk menjalankan program secara merata di seluruh wilayah kerja perusahaan.

Kendati baru memulai program PKBL di penghujung 2015, sebelumnya Perum LPPNPI juga telah menyelenggarakan beragam aksi sosial di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Antara lain meliputi khitanan massal, bantuan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pelestarian Sungai Cisadane, hingga pemberian bantuan modal kerja melalui Program Kemitraan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang tersebar di  Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

”Untuk diketahui, lingkungan kerja kami tidak hanya meliputi Kota maupun Kabupaten Tangerang, yang notabene berada dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta. Tetapi tersebar di seluruh Indonesia. Sementara di Soekarno-Hatta sendiri, Perum LPPNPI bukanlah satu-satunya BUMN yang melaksanakan kegiatan bisnisnya,” lanjut Ari.

Ari menyebutkan, biaya pelaksanaan pembangunan fasilitas air bersih dan pendukungnya yang dijalankan sejak 2015 itu mencapai kisaran Rp 90 juta per unit. Adapun kelima lokasi pembangunan waterwell yang dilaksanakan AirNav Indonesia meliputi :

1.        Nurul Hidayah, Kampung Golun, RT 01/011, Karangsari, Neglasari, Kota Tangerang;
2.        Jl. Al Munawar RT 01/01, Kelurahan Blendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang;
3.        Desa Pangkalan, RT 04/05, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang;
4.        Kampung Cayur RT 03/01, Desa Ranca Ilat, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang;
5.        Lebak Wangi RT 05/09, kecamatan Sepatan Timur.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill