Connect With Us

Pengawasan Hewan Kurban Diperketat

| Kamis, 5 November 2009 | 20:34

TANGERANGNEWS-Dinas Pertanian Kota Tangerang memperketat pemeriksaan hewan kurban yang masuk di wilayah Kota Tangerang menjelang hari raya Idul Adha. Pemeriksaan ini bertujuan menghindari peredaran hewan kurban menghidap penyakit. Kepala Dinas Pertanian Kota Tangerang Epen Efendi mengatakan, pihaknya akan memeriksa secara detail kelengkapan dokumen dan sertifikat tentang kesehatan hewan kurban dari tempat asalnya. “Surat kesehatan sangat penting sekali, sebagai bahan acuan, apakah hewan tersebut mengalami gangguan penyakit atau tidak,” katanya. Menurutnya, pemeriksaan tersebut sangat penting dilakukan, mengingat hewan-hewan dari luar kota seperti Bogor dan Purwakarta memang rentan dengan penyakit. “Daerah inilah yang tergolong sebagai daerah endemis, khususnya penyakit antraks,” terang Epen. Sedangkan, jika ditemukan perbedaan terhadap hewan-hewan tersebut, maka akan langsung dilakukan pemeriksaan secara tersendiri. “Pemeriksaan tersendiri ini sangat di khususkan bagi hewan-hewan yang mengalami gangguan kesehatan. Ini pun dapat dilihat dengan kasat mata,” tambah Epen. Untuk pengawasan, kata Epen, Dinas Pertanian juga bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengawasi diberbagai lapak penjualan. “Tim ini akan difungsikan untuk memantau kesehatan dari hewan-hewan kurban di berbagai lapak penjualan,” ujarnya. Selain itu, diperkirakan harga hewan kurban yang masuk ke wilayah Kota Tangerang akan naik sebesar 10 persen. Kenaikan tersebut terjadi tiap tahun. Pada tahun 2008 lalu, hewan kurban yang masuk ke kota Tangerang sebanyak 13 ribu hewan.(rangga)
WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TEKNO
Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik Palsu, Kenali Bedanya 

Sabtu, 20 April 2024 | 13:46

Penipuan dengan modus surat tilang elektronik palsu masih marak terjadi, terutama pascaarus mudik dan balik Lebaran 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill