Connect With Us

80 Pemuda Tangerang Ikuti Seleksi Pertukaran Antar Daerah

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 9 Maret 2016 | 11:17

Pertukaran antar pelajar daerah. (Dira Derby / TangerangNews.com)

 

TANGERANG-Sebanyak 80 pemuda se-Kota Tangerang mengikuti kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Daerah tahun 2016, yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Ekonomi Kreatif (Dispoparekraf),  Kota Tangerang, Selasa (8/3/2016).   Kepala Bidang Kepemudaan Dispoparekraf Rizal Ridollah mengatakan, ada sebanyak 80 peserta yang ikut dalam seleksi yang digelar selama dua hari, yakni hingga Rabu (9/3/2016).

 

Dimana peserta yang ikut terdiri dari pemuda kelurahan, senat mahasiswa KNPI, Pramuka, beserta para Kang Nong Kota Tangerang.  "Terpenting, peserta memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Tangerang dan berdomisili di Kota Tangerang," ujarnya.

 

Dalam seleksi antar pemuda, Rizal menuturkan dibagi tiga kriteria wawancara. Pertama wawancara diperuntukkan bagi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), kedua Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) dan ketiga wawancara untuk pertukaran Kapal Pemuda Nusantara (KPN).

 

Dari ketiga kriteria wawancara tersebut, antusias paling besar adalah mengikuti wawancara PPAN, dengan jumlah peserta yang ikut seleksi mencapai 40 an orang. "Paling besar minatnya ikut seleksi adalah wawancara PPAN. Sisanya PPAP dan KPN," kata Rizal.

 

Untuk seleksi wawancara pertukaran antara pemuda, Dispoparekraf mempercayakan sepenuhnya kepada Purba Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kota Tangerang. Dimana PPMI Kota Tangerang terdiri atas para alumnus yang pernah masuk dan lolos dalam PPAN, PPAP dan KPN.

"Biasanya kegiatan seleksi antar pemuda ini sekaligus ajang reunian mereka (PPMI)," kata Rizal.

 

Sementara syarat yang wajib diikuti bagi peserta seleksi seperti PPAN dan PPAP adalah mampu berbahasa Inggris dan menguasai pengetahuan umum serta kebudayaan Kota Tangerang, Banten dan nasional. Sedangkan KPN selain mampu berbahasa Inggris juga harus mampu menguasai pengetahuan tentang kebaharian termasuk Budaya Banten, Tangerang dan Nasional.

 

"Jika hari pertama diisi dengan pembukan Sekaligus seleksi akademis dan wawancara, maka hari kedua akan dilanjuti dengan wawancara pengetahuan kebudayaan serta conversetion bahasa Inggris," kata Rizal.

 

Kemudian dari dua hari kegiatan seleksi antar pemuda akan disaring menjadi 15 orang, masing-masing  lima pemuda untuk PPAP, PPAN, dan KPN Kota Tangerang dan akan dibawa ke provinsi Banten untuk kemudian ikut seleksi kembali.

 

Salah satu peserta yakni Gina Altafiani, yang juga mantan Kang Nong Kota Tangerang 2013 mengaku ikut kegiatan seleksi pertukaran pemuda Kota Tangerang 2016 tidak lain kembali merasa tertantang.

 

Apalagi kriteria yang diikuti dara cantik ini adalah seleksi KPN. Gina beralasan, bahwa tahun lalu dirinya berhasil menyabet juara II Bahari Provinsi Banten. Alasan ini lah yang mendasari Gina ikut seleksi KPN, terlebih ia menilai Kota Tangerang memiliki potensi wisata yang bagus untuk di promosikan.   "Yang jelas saya ingin berkontribusi sebagai pemuda untuk potensi wisata yang ada di Kota Tangerang dan Banten," ungkapnya.

 

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill