Connect With Us

Permudah Pencari Kerja, Pemkot Tangerang Terapkan SMS Gateway

Advertorial | Minggu, 6 November 2016 | 18:00

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka Bursa Kerja di Tangcity Mall. (Tangerangnews.com / @TangerangNews 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNews.comPemerintah Kota Tangerang terus mengembangkan berbagai inovasi untuk pelayanan masyarakat, termasuk dalam bidang tenaga kerja. Dengan mengusung konsep smart city, Pemkot Tangerang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) meluncurkan program SMS Gateway untuk mempermudah para pencari kerja mendapat informasi tentang pekerjaan.

 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah juga menjelaskan SMS Gateway ini akan selalu menginformasikan lowongan kerja yang tersedia ke para pencari kerja yang telah tersimpan databasenya. Sehingga para pencari kerja tidak perlu repot-repot mencari lowongan yang sesuai bidangnya.

 

"Jadi mereka setiap saat bisa terima informasi lowongan kerja yang kita  blasting. Nantinya isi sms itu berupa lowongan yang tersedia dan nomor kontak perusahaan sehingga pelamar bisa langsung menghubunginya," kata Arief.

 

Kepala Disnaker Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, layanan SMS loker ini hanya diberikan kepada pencari kerja yang namanya telah masuk ke dalam database Disnaker.

"Saat ini kan kita sudah menerapkan pembuatan kartu kuning dengan sistem komputerisasi.  Data pencerai kerja itu akan masuk dalam database yang nantinya akan memudahkan kita untuk mengklasifikasi pencari kerja seperti pendidikan, usia dan wilayah. Data ini juga kita gunakan untuk layanan SMS," jelasnya.

 

Menurut Abduh, pihaknya sendiri sudah menginformasikan lowongan kerja lewat situs web Disnaker, sehingga masyarakat yang hendak melamar tinggal mengirimnya lewat email, tidak perlu lagi membawa berkas. Namun pihaknya terus berupaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

 

"Dengan adanya fasilitas ini pencari kerja tidak perlu datang ke perusahaan-perusahaan untuk menanyakan lowongan kerja dan tahu jenis lowongan kerja apa saja yang ada," ucapnya.

 

Selain SMS Gateway, program lain yang dilajukan Disnakerbuntuk membantu masyarakat mencari pekerjaan adalah pelaksanaan Bursa Kerja yang rutin digelar dua tahun sekali.

 

Sebelumnya,  Disnaker Kota Tangerang telah membuka Bursa Kerja atau Jobfair Kota Tangerang 2016, yang dilaksanakan tanggal 24–26 Mei di Tangcity Mall. Dalam Jobfair ini tersedia 12.906 lowongan yang terdiri dari 4.321 lowongan dalam negeri dan 8.641 luar negeri.

 

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mahdiar mengatakan, ada 43 Perusahaan yang  ikut dalam Job Fair ini mulai dari industri garmen, tekstil, perbankan hingga pusat belanja, termasuk Rumah Sakit.

 

Mahdiar mengatakan, kegiatan Bursa Kerja tersebut menyerap sampai 70 % dari jumlah lowongan kerja yang tersedia, pihaknya juga akan menindak lanjuti proses penerimaan dan meminta data jumlah tenaga kerja yang terserap sebagai bahan evaluasi dan pendataan. (ADV)

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Kamis, 14 Maret 2024 | 09:46

Tahun 2024, menjadi salah satu momen bulan suci Ramadan yang berbeda bagi warga Palestina.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill