Connect With Us

Kota Tangerang Raih WTP Ke-9

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 1 Juni 2016 | 17:48

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat menunjukan penghargaan WTP. (@TangerangNews 2016 / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNews.com-Untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan pemerintah tahun anggaran 2015 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Pemberian opini WTP tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK-RI Banten Yusnadewi dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2015 di Kantor Perwakilan Provinsi  Banten, Serang, Selasa (31/05) kemarin.

Yusnadewi secara khusus juga menyampaikan apresiasinya kepada daerah yang telah menggunakan Sistem Akrual dalam penyajian laporan keuangannya, dimana di tahun 2016 semua daerah sudah harus menggunakan sistem tersebut.

"Kepada Kota Tangerang dan Pandeglang, yang terlebih dahulu menggunakan sistem akrual, kami memberikan apresiasi terhadap usaha yang telah dilakukan," ujar Yusnadewi.

Dari enam pemerintah Kota/Kabupaten, untuk tahun anggaran 2015 semuanya mendapatkan opini WTP kecuali Pandeglang yang mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

"BPK telah melakukan pemeriksaan terhadap sembilan entitas selama 71 hari mulai bulan Februari. Mulai tahun 2016 semua harus menggunakan SAP berbasis akrual, karena dipercaya bisa menyajikan laporan yang lebih akuntabel dan transparan," bebernya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin yang menerima langsung LHP bersama dengan Ketua DPRD Suparmi menyampaikan bahwa penghargaan ini akan dijadikan motivasi bagi seluruh aparat pemkot Tangerang untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakatnya, melalui program dan kebijakan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Inikan uang rakyat, jadi harus bisa dipertanggung jawabkan ke masyarakat melalui program pembangunan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat," terangnya.

Menurut Sachrudin, penghargaan yang diraih untuk kesembilan kalinya tanpa putus tersebut menunjukkan komitmen Pemkot Tangerang dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan di Kota Tangerang.

Apalagi Kota Tangerang menjadi satu-satunya kota yang telah mendapat opini WTP berbasis akrual dua kali secara berturut di Provinsi Banten, setelah Pandeglang yang juga telah menggunakan Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual sejak tahun 2014 hanya mendapatkan disclaimer untuk tahun anggaran 2014 dan WDP untuk tahun anggaran 2015.

 

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill