Connect With Us

Sambut Puasa, Warga Tangerang Keramas di Sungai Cisadane

Dena Perdana | Minggu, 5 Juni 2016 | 20:00

| Dibaca : 2236

Warga Tangerang saat menyambut Ramadhan memggelar keramas bersama. (TangerangNews 2016 / DENA PERDANA)

 

 

TANGERANGNews.com - Sebuah tradisi menjelang puasa kembali dilakukan warga di Tangerang, tepatnya di Sungai Cisadane, Minggu (5/6/2016) sore. 

 

Ratusan orang tampak memadati pinggir Sungai Cisadane di Jalan Perintis Kemerdekaan yang  mengarah ke kawasan Pasar Lama, mereka itu telah memegang shampo  dan  gayung .

 

"Tradisi tahunan ini berasal dari nenek moyang kami warga Babakan," kata Lurah Babakan Kota Tangerang Abu Sofiyan  sebelum membuka acara tersebut.

 

Berbagai warga  dari bicah sampai orang dewasa bercampur untuk keramas bersama, mereka tak peduli air dalam kondisi keruh. 

 

Kemudian mereka memulai tradisi itu setelah Lurah setempat memberikan sambutan. Tampak juga warga diawasi petugas kelurahan agar tidak ada yang tenggelam. 

 

 

Hal itu dirasa penting untuk meneruskan tradisi. Misalnya Jaya,  dia mengaku baru kali  sebagai warga RW 02 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang sangat senang dengan tradisi yang biasa dia lalui. 

 

"Ya ini harus kami lakukan menjelang Puasa. Pesan dari acara ini biar ingat membersihkan diri menjelang bulan suci. Setelah ini baru kita mulai siap ikut serangkaian kegiatan puasa," ujar Jaya seraya  merapikan rambutnya yang basah.

 

Dia sengaja ikut kebiasaan keramas tahun ini karena ingin ikut serta meneruskan kebiasaan pendahulunya di Kelurahan Babakan yang setiap tahun selalu keramas bersama sehari sebelum memasuki puasa. 

 

"Dahulu sih  menggunakan merang, yakni benih padi dari hasil panen yang dibakar lalu abunya dibiarkan semalam untuk kemudian dijadikan bahan alami perawatan rambut. Namun, karena merang kini sudah sudah didapat, maka diganti dengan shampo saja," ujar Abu. 

 

 

 

KAB. TANGERANG
Stang Motor Tersangkut, Khairul Nyaris Terlindas Truk di Tangerang

Stang Motor Tersangkut, Khairul Nyaris Terlindas Truk di Tangerang

Rabu, 22 Mei 2019 | 09:52

TANGERANGNEWS.com-Peristiwa kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dengan truk tanah terjadi di Jalan Flyover Cikokol, Kota Tangerang, Rabu

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

TANGSEL
Gerindra Tangsel Tak Intruksikan Kader Besok ke Jakarta, Namun ...

Gerindra Tangsel Tak Intruksikan Kader Besok ke Jakarta, Namun ...

Selasa, 21 Mei 2019 | 23:07

TANGERANGNEWS.com-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Tangerang Selatan tidak mengintruksikan anggota dan kadernya untuk ikut serta dalam aksi 22 Mei besok.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)