Connect With Us

Si Tante Akan Berikan Informasi Taman Publik di Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 16 Juni 2016 | 15:41

Taman Potret dibangun untuk melengkapi taman yang ada di Kota Tangerang (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang tengah mengembangkan aplikasi berbasis web dan Android bernama Sistem Informasi Taman Tematik (Si Tante) untuk mengenalkan taman-taman yang ada di Kota bertajuk Akhlakul Karimah tersebut kepada masyarakat.

Kepala DKP Ivan Yudianto mengatakan, aplikasi ini nantinya bisa diakses masyarakat melalui smartphone atau website untuk mencari informasi tentang taman beserta lokasinya.

"Jadi kita kan punya banyak taman yang temanya beda-beda. Mungkin masyarakat belum tahu dan ingin ke sana. Dengan dibantu oleh tenaga-tenaga IT yang berada di dalam maupun di luar DKP, diharapkan aplikasi tersebut dapat membantu mayarakat dalam pengenalan taman tematik yang ada di Kota Tangerang," katanya, Kamis (16/6/2016).

Menurut Ivan, DKP terus melakukan pembangunan taman di 13 Kecamatan sebagai sarana publik dan memenuhi kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Saat ini ada sekitar 131 taman baik kategori taman lingkungan, taman pulau jalan, taman median jalan, taman hijau dan taman bantaran kali.

"Setiap taman diberi tema dan mempunyai fasilitas untuk mewadahi hobi dan aktifitas masyarakat Kota Tangerang," jelasnya.

Adapun taman tersebut diantaranya Taman Potret, Taman Eco Park, Taman Pintu Air 10, Taman Pokja, Taman Lalu Lintas, Taman Lampu Puspem dan Taman MUI.

Kepala Seksi Perencanaan Teknis Pertamanan DKP Kota Tangerang Dika Agus Hermaji mengatakan, selain menampilkan informasi taman dengan metode Scanning Barcode, aplikasi Si Tante juga dapat terintegrasi dengan Google Maps sehingga masyarakat dapat mengetahui, lokasi-lokasi taman yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Terdapat empat menu utama yang dapat dijalankan di dalamnya yakni menu Sitante yang nemuat daftar taman tematik yang berada di lingkungan Kota Tangerang. Scan untuk membuka informasi Taman Tematik dengan cara men-scan QR Barcode Sitante di Taman Tematik yang dikunjungi.

Kategori untuk informasi taman tematik berdasarkan pengkategorian taman yang berlaku di Republik Indonesia. Location untuk menunjukan informasi keberadaan taman yang terdekat dari lokasi anda berdiri.

"Namun aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan ini belum dapat diunduh di Play Store, karena masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Semoga ke depannya aplikasi yang dikembangkan  dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang khususnya," katanya.

 

 

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill