Connect With Us

Macet, Pemkot dan Polres Tangerang Ubah Pintu Keluar Stasiun

Denny Bagus Irawan | Kamis, 21 Juli 2016 | 13:24

Wali Kota Arief R Wismansyah saat memantau ke lokasi Stasiun Tangerang. (RADEN BAGUS IRAWAN / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Guna mengatasi kemacetan yang sering terjadi di depan Masjid Agung Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan pengalihan akses masuk dan keluar Stasiun Kereta Api Tangerang.

Dimana bila biasanya para penumpang bisa keluar masuk dari pintu seberang Masjid Agung, mulai Rabu (20/07), Pemkot melalui Dinas Perhubungan mengalihkan fungsinya hanya sebagai pintu masuk, sedangkan untuk akses keluarnya melalui pintu sebelah timur yang berada di depan kantor stasiun.

"Pintu akses yang ada di depan Masjid Agungkan selalu macet karena angkot pada ngetem, baik yang mau naikin maupun nurunin penumpang," ujar Wali Kota Arief R Wismansyah saat memantau ke lokasi. Hal itu menurut Arief dapat mengurangi akses beban dari Masjid Agung dan dapat menambah kenyamanan mereka yang ingin ke Pasar Lama.

"Jadi sekarang teman-teman Dishub dengan Bakorlantas berkoordinasi untuk melakukan pengalihan akses pintu keluar, sekarang keluarnya lewat samping. Karena bottle necknya di situ," jelasnya.

Dan untuk mengurangi penumpukan penumpang yang mau masuk ke Stasiun, Wali Kota juga meminta kepada pihak PT. KAI untuk menambah akses pintu masuk di depan Masjid Agung.

"Kita minta KAI untuk menambahkan pintu masuknya," Ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa pengalihan akses pintu keluar masuk tersebut merupakan usaha jangka pendek untuk mengurai kemacetan di sekitar Masjid Agung, dan untuk jangka panjangnya Wali Kota menawarkan kepada PT. KAI  dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk memperpanjang jalur kereta api sampai ke wilayah Kabupaten Tangerang.

"Jangka panjangnya menambah jalur kereta menjadi dua, satu ke Palem Semi yang kedua ke Cadas. Sehingga nanti bisa menyambungkan jalur kereta Rawa Buntu," Terangnya.

"Karena kebanyakan penumpangnya berasal dari Kabupaten, Jatiuwung dan Cibodas," Imbuhnya.

"Makanya kami sangat mengharapkan agar BPTJ bisa memperpanjang pelayanannya ke perbatasan Kabupaten," Sambungnya lagi.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak PT. KAI terkait opsi lain terhadap penanganan kemacetan di sekitar Stasiun Tangerang.

"Kita ingin sediakan feeder yang nanti menjemput mereka para penumpang dari perbatasan. Jadi mereka tidak perlu bawa kendaraan ke stasiun, sehingga bisa sedikit mengurangi kemacetan," Jelasnya.

"Jadi kita minta PT KAI untuk menyebar angket untuk mengetahui tempat tinggal para penumpang tersebut, sehingga kita bisa punya pegangan data yang akurat untuk menerapkan kebijakan tersebut," lanjut Wali Kota.

Sementara itu, untuk menambah kenyamanan para penumpang kereta api, Pemkot Tangerang juga sedang mengkaji pembangunan gedung parkir di sekitar Stasiun Tangerang.

"Di sebelah stasiun kan ada gedung bekas bioskop yang menjadi aset Kabupaten nanti kita usulkan untuk dijadikan gedung parkir dan bawahnya bisa dibuat pasar," tandas Wali Kota yang juga menjelaskan bahwa gedung tersebut saat ini sedang dalam tahap proses serah terima dari Pemerintah Kabupaten ke Pemkot Tangerang.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota AKBP Hasbulah HS mengatakan, keberadaan stasiun Kereta Api yang berada di wilayah Kota Tangerang,  merupakan upaya upaya pemerintah yg patut mendapat apresiasi dalam menggunakan moda transportasi masaal yang aman, nyaman dan lancar.

Namun, ada masalah di pintu stasiun tersebut. Seperti banyaknya pedagang kaki lima yang menyebabkan  pintu masuk atau keluar di gate barat mengakibatkan kemacetan,  volume jalan berkurang.

"Belum lagi  tentu memicu angkot berlama lama di seputaran pintu barat/robinson menunggu turunnya penumpang KAI menimbulkan kemacetan. Dan akses masuk maupun keluar yang menjadi satu, sehingga terjadi penumpukan penumpang. Karenanya kami merubah pintu masuk barat itu dijadikan pintu masuk saja," katanya. 

 

 

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill