Connect With Us

Pantau Pajak Daerah, Pemkot Tangerang Akan Pasang Tapping Box di Bandara

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 27 Juli 2016 | 17:00

Ilustrasi Uang (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

 

TANGERANGNews.com-Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Kota Tangerang akan  menambah 100 alat tapping box untuk dipasang tempat-tempat usaha, termasuk di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Alat yang digunakan untuk memantau transaksi uang secara online ini dipasang agar tidak terjadi kebocoran pajak.

Kabid Pajak Daerah dan Pendapatan lainnya pada Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Kota Tangerang Muhammad Arfan mengatakan, pada tahap awal pihaknya telah memasang 20 tapping box di 7 titik tempat usaha seperti hotel, restoran dan parkir swasta.

"Penerapan awal sudah dilakukan bulan Maret 2016 dan hasilnya efektif untuk memantau omzet tempat usaha," katanya, Rabu (27/7/2016).

Karena itu, tahun 2017, pihaknya akan menambah 100 tapping box diseluruh tempat usaha. Untuk di tempat parkir, alat ini tidak hanya mencatat transaksi dengan pelanggan, tapi juga dilengkapi CCTV.

"Tahun depan akan kita tambah lagi untun di pasang di Tangcity Mall dan Bandara Soekarno Hatta," paparnya.

Arfan menjelaskan, bahwa alat ini dipasang dikasir atau mesin pembayaran. Jadi saat pelanggan membayar, datanya sebelum tercetak di struk, masuk ke tapping box dulu.

"Alat ini terhubung ke server kita, jadi kita tahu data transaksi setiap harinya, sehingga pengusaha tidak bisa curang melaporkan pajak penghasilannya," jelas.

Adapun target pendapatan dari sektor pajak daerah pada tahun 2016 sebesar Rp1,192 triliun. Untuk target pendapatan yang paling besar yakni pajak restaurant dari Rp190 miliar menjadi Rp210 miliar.

Bandara Soekarno Hatta sendiri salah satu penyumbang pajak daerah terbesar Kota Tangerang untuk jenis pajak parkir. Diketahui pada tahun 2015, jumlah pajak yang disetorkan mencapai Rp39 miliar dan pada tahun 2015 mencapai Rp35,5 miliar.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill