Connect With Us

PLTSa Rawa Kucing Tangerang Tunggu Kementerian Keuangan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 18 Oktober 2016 | 15:10

| Dibaca : 1819

TPA Rawa Kucing Kota Tangerang. (Dira Derby / Tangerangnewscom)

TANGERANGNews.com-Progres pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah (PLTSa) di Kota Tangerang saat ini masih menunggu arahan dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dan International Finance Corporation (IFC).

“Kalau kita (Pemkot) sudah all out persiapan kita sudah selesai. Justru kita nunggu dari Kemenkeu dan IFC. Belum lagi dari Mendagri terkait penentuan Tipping Fee-nya. Maka masih kita tunggulah perkembangannya,  karena kita tunggu dari presiden sebab presiden yang berwenang," papar Wali Kota Arief R Wismansyah saat menghadiri undangan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman di Hotel Grand Zuri BSD Serpong, Senin (17/10) kemarin. 

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya berkoordinasi bersama tujuh kabupaten kota dan satu provinsi yang mendapatkan tugas Perpres kaitan pembangkit listrik tenaga sampah. Hal tersebut guna mempercepat realisasi PLTSa di Kota Tangerang.

“Juga dibahas permasalahan-permasalahannya apa, kendala-kendalanya apa," kata Arief.

Proyek PLTSa tersebut merupakan proyek Nasional yang didasarkan pada Perpres No 18/2016 yang menunjuk tujuh kota/kabupaten termasuk Kota Tangerang sebagai pilot project PLTSa. Dan konon dari sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Tangerang yang mencapai 1.000 ton lebih/hari akan menghasilkan 12 MW listrik.

 

Arief menegaskan, bahwa pihak Pemkot Tangerang terus berkomitmen untuk melakukan pembenahan terkait pengelolaan sampah di Kota Tangerang baik melalui pemanfaatan teknologi maupun dengan mengoptimalkan peran masyarakat. 

"Yang lebih penting dari itu kan bagaimana sampah dikelola dengan baik tanpa mencemari lingkungan," tegasnya.

BANTEN
Jakarta Terapkan PSBB Diperketat, Banten akan Menyesuaikan 

Jakarta Terapkan PSBB Diperketat, Banten akan Menyesuaikan 

Jumat, 11 September 2020 | 19:27

TANGERANGNEWS.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan menyesuaikan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diketatkan seperti DKI Jakarta

TOKOH
Dunia Pers Berduka, Jakob Oetama Tutup Usia

Dunia Pers Berduka, Jakob Oetama Tutup Usia

Rabu, 9 September 2020 | 16:14

TANGERANGNEWS.com-Kabar duka datang dari dunia pers Indonesia, wartawan senior Jakob Oetama meninggal dunia hari ini, Rabu (9/9/2020)

BISNIS
Aplikasi Jiwa+ Makin Mudah Pesan Kopi

Aplikasi Jiwa+ Makin Mudah Pesan Kopi

Sabtu, 19 September 2020 | 13:29

TANGERANGNEWS.com-Jiwa Group merilis Jiwa+, sebuah aplikasi

"Kerja sama terjadi bukan karena tak ada konflik, tetapi sebagai sarana untuk mengelola konflik."

Qoute