Connect With Us

Kabupaten Badung Ikut Mecontoh Smart City Kota Tangerang

Advertorial | Minggu, 13 November 2016 | 22:38

Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah saat menerima eksekutif dari Kabupaten Badung. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNews.com-Konsep smart city Kota Tangerang kembali dilirik pemerintah daerah lain. Kali ini Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, turut bekerja sama dengan Pemkot Tangerang untuk mengembangkan daerahnya melalui aplikasi yang diberikan secara gratis.
 
Dalam kerjasama tersebut, rombongan SKPD Kabupaten Badung yang dipimpin oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta mendapat presentasi dari Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah terkait konsep smart city di Tangerang Live Room, Puspemkot Tangerang.
 
Arief menjelaskan, ratusan aplikasi yang dibuat Pemkot Tangerang ini dapat dipantau melalui ruang pusat kendali yang disebut Tangerang Live Room (TLR). Untuk membangun TLR menghabiskan anggaran sebesar Rp3 miliar.
 
"Sedangkan untuk pengembangan aplikasi di Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dianggarkan sebesar Rp20 miliar," katanya.
 
Terkait keamanan aplikasi yang semua terhubung secara online ini, menurut Arief, pihaknya telah membuat platform dan standarsasi aplikasi. Pihaknya juga sedang memenuhi ISO 27000:1 kaitan keamanan sistem data.
 
"Diharapkan tahun ini sudah selesai dan semua sistem keamananya terjamin. Meskipun sejauh ini sih aman-aman saja," katanya.
 
Arief berharap aplikasi yang dikembangkan Pemkot Tangerang bisa dimanfaatkan Pemkab Badung serta terus berelaborasi mengembangkan pelayanan publik yang lebih baik. "Kalau ada yang baik kita bisa sama-sama belajar," jelasnya.
 
Sementara Bupati Badung Giri Prasta mengakui jika saat ini daerahnnya masih jaih dari konsep smart city. Pihaknya baru memulai tahun ini dengan rencana pembangunan ruang DInas Kominfo dan ruang pusat kendali. "Taun 2017 kita targetkan sudah dibangun infrastrukturnya. Mungkin rampungnya smart city 2017 akhir," katanya.
 
Saat ini, jelas Giri, Pemkab Badung sudah membuat 16 aplikasi dan masih terus mengembangkan lagi. Kedepan, dengan aplikasi dari Pemkot Tangerang, diharapkan Kabupaten Badung bisa lebih meningkat lagi.
KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill