Connect With Us

6 Kelurahan, 3 Kecamatan Dilalui Tol Kunciran-Serpong

| Rabu, 2 Desember 2009 | 19:53

| Dibaca : 4607281

Ketua Tim Pembebasan Tanah Tol Kunciran-Serpong dari Departemen Pekerjaan Umum Dedi Junaedi. (BPJT / tangerangnews/dira)

TANGERANGNEWS-Sebanyak enam kelurahan dari tiga kecamatan di wilayah Tangerang bakal dilewati jalan bebas hambatan (tol) JORR 2. Enam kecamatan itu adalah Kelurahan Kunciran Indah, Kelurahan Kunciran, (Kecamatan Pinang, Kota Tangerang), Kelurahan Parigi Baru, Kelurahan Parigi, Kelurahan Jombang (Pondok Aren, Kota Tangsel),  Kelurahan Paku Jaya, Kelurahan Pondok Jagung Timur dan Kelurahan Jelupang (Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel). 

Ketua Tim Pembebasan Tanah dari Departemen Pekerjaan Umum Dedi Junaedi mengatakan, jalan tol Kunciran-Serpong akan membebaskan lahan sekitar 110.93 hektar dengan panjang sekitar 11,2 kilometer itu akan melintasi enam  kelurahan itu dan tiga kecamatan diatas.

Menurutnya, saat ini pihaknya dibantu Pemda Kota Tangerang dan Kota Tangsel untuk membantu dalam percepatan pembangunan tol tersebut dalam hal pembebasan lahan. Waktu pengerjaannya sendiri, kata dia, itu semua tergantung petugas dari pemda. "Kalau kita sih jadwal pembebasan lahannya ya sekitar 18 bulan atau satu setengah tahun," ujar Dedi, saat rapat sosialisasi JORR 2 Tol Kunciran-Serpong, di BSD Serpong. Kota Tangsel siang ini.  

Ditanya berapa anggaran yang disiapkan untuk membebaskan lahan itu, dia enggan menjawabnya. "Nanti saja, soal anggaran pembebasan dan pengerjaan silahkan tanya langsung ke kantor pusat," ujarnya singkat. 

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan Hasdanil mengatakan, jalan tol ini akan melintasi tiga kompleks perumahan, yaitu Graha Bintaro, Pakujaya Permai, dan Regensi Melati Mas. Dirinya mengaku, Pemkot Tangsel saat ini sedang melakukan pendataan berapa rumah atau bangunan yang akan terkenda pembebasan. "Namun kami tegaskan, di sini pemda hanya menjadi fasilitas atau penghubung pemerintah pusat dengan pengembang," ucapnya.

Jalan tol ini akan dibangun PT Marga Trans Nusantara, perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Astratel Nusantara, dan PT Transutama Arya Sejahtera. Konsorsium ini memenangi tender Jalan Tol Kunciran-Serpong.

Konsorsium ini juga menggarap Jalan Tol Kunciran-Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 15,2 kilometer. Jika Jalan Tol Serpong-Kunciran-Bandara rampung, jarak Serpong-Bandara dapat ditempuh hanya 10 menit.

Jalan tol ini kelak tersambung ke Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi. ”Bulan Juni dan Juli, pihak konsultan mulai melakukan pengukuran ruang milik jalan di jalur ini,” kata Hasdanil.

Diungkapkan, di jalur Tol Kunciran-Serpong direncanakan ada 21 persilangan jalan dengan jalan yang sudah ada, 13 di antaranya berupa underpass dan 8 lainnya overpass.

Jalan Tol Kunciran-Serpong akan memiliki tiga simpang susun, yaitu Kunciran, Perigi, dan Serpong. Jarak antara simpang susun Kunciran dan simpang susun Perigi 6,8 kilometer, sedangkan jarak simpang susun Perigi dan simpang susun Serpong 4,4 kilometer. (dira)  


OPINI
Wanita Usia 30-an wajib Waspadai 5 Penyakit Ini

Wanita Usia 30-an wajib Waspadai 5 Penyakit Ini

Rabu, 28 September 2016 | 11:59

TANGERANGNews.com- Usia 30-an bisa dibilang sebagai usia yang tidak muda lagi. Di usia ini, manusia harus mulai memikirkan tentang kesehatannya. Sebab apa yang ditanam di usia muda akan memberikan dampak di usia tua, entah itu baik maupun buruk.

BANTEN
Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang, Indah Kiat Tanam 100 Ribu Mangrove

Restorasi Pesisir Pantai Utara Serang, Indah Kiat Tanam 100 Ribu Mangrove

Selasa, 27 September 2016 | 20:00

TANGERANGNews.com-Indah Kiat Pulp & Paper Serang yang merupakan unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berlokasi di Kabupaten Serang, Banten sejak tahun 2010 telah menanam dan merawat 100 ribu batang Mangrove (bakau) di pesisir pantai Serang Uta

SPORT
Bersepeda, Positif untuk Kesehatan Fisik dan Gaya Hidup

Bersepeda, Positif untuk Kesehatan Fisik dan Gaya Hidup

Minggu, 4 September 2016 | 10:40

Bersepeda memang terlihat mudah tapi sebenarnya penguras energi yang tergolong berat. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan asupan makanan yang tepat sebelum, selama, dan sesudah Anda bersepeda.

"Tidak Mungkin adalah kata yang hanya didapat dalam kamus orang-orang bodoh "

Napoleon Bonaparte