Connect With Us

6 Kelurahan, 3 Kecamatan Dilalui Tol Kunciran-Serpong

| Rabu, 2 Desember 2009 | 19:53

Ketua Tim Pembebasan Tanah Tol Kunciran-Serpong dari Departemen Pekerjaan Umum Dedi Junaedi. (BPJT / tangerangnews/dira)

TANGERANGNEWS-Sebanyak enam kelurahan dari tiga kecamatan di wilayah Tangerang bakal dilewati jalan bebas hambatan (tol) JORR 2. Enam kecamatan itu adalah Kelurahan Kunciran Indah, Kelurahan Kunciran, (Kecamatan Pinang, Kota Tangerang), Kelurahan Parigi Baru, Kelurahan Parigi, Kelurahan Jombang (Pondok Aren, Kota Tangsel),  Kelurahan Paku Jaya, Kelurahan Pondok Jagung Timur dan Kelurahan Jelupang (Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel). 

Ketua Tim Pembebasan Tanah dari Departemen Pekerjaan Umum Dedi Junaedi mengatakan, jalan tol Kunciran-Serpong akan membebaskan lahan sekitar 110.93 hektar dengan panjang sekitar 11,2 kilometer itu akan melintasi enam  kelurahan itu dan tiga kecamatan diatas.

Menurutnya, saat ini pihaknya dibantu Pemda Kota Tangerang dan Kota Tangsel untuk membantu dalam percepatan pembangunan tol tersebut dalam hal pembebasan lahan. Waktu pengerjaannya sendiri, kata dia, itu semua tergantung petugas dari pemda. "Kalau kita sih jadwal pembebasan lahannya ya sekitar 18 bulan atau satu setengah tahun," ujar Dedi, saat rapat sosialisasi JORR 2 Tol Kunciran-Serpong, di BSD Serpong. Kota Tangsel siang ini.  

Ditanya berapa anggaran yang disiapkan untuk membebaskan lahan itu, dia enggan menjawabnya. "Nanti saja, soal anggaran pembebasan dan pengerjaan silahkan tanya langsung ke kantor pusat," ujarnya singkat. 

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan Hasdanil mengatakan, jalan tol ini akan melintasi tiga kompleks perumahan, yaitu Graha Bintaro, Pakujaya Permai, dan Regensi Melati Mas. Dirinya mengaku, Pemkot Tangsel saat ini sedang melakukan pendataan berapa rumah atau bangunan yang akan terkenda pembebasan. "Namun kami tegaskan, di sini pemda hanya menjadi fasilitas atau penghubung pemerintah pusat dengan pengembang," ucapnya.

Jalan tol ini akan dibangun PT Marga Trans Nusantara, perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Astratel Nusantara, dan PT Transutama Arya Sejahtera. Konsorsium ini memenangi tender Jalan Tol Kunciran-Serpong.

Konsorsium ini juga menggarap Jalan Tol Kunciran-Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 15,2 kilometer. Jika Jalan Tol Serpong-Kunciran-Bandara rampung, jarak Serpong-Bandara dapat ditempuh hanya 10 menit.

Jalan tol ini kelak tersambung ke Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi. ”Bulan Juni dan Juli, pihak konsultan mulai melakukan pengukuran ruang milik jalan di jalur ini,” kata Hasdanil.

Diungkapkan, di jalur Tol Kunciran-Serpong direncanakan ada 21 persilangan jalan dengan jalan yang sudah ada, 13 di antaranya berupa underpass dan 8 lainnya overpass.

Jalan Tol Kunciran-Serpong akan memiliki tiga simpang susun, yaitu Kunciran, Perigi, dan Serpong. Jarak antara simpang susun Kunciran dan simpang susun Perigi 6,8 kilometer, sedangkan jarak simpang susun Perigi dan simpang susun Serpong 4,4 kilometer. (dira)  


TANGSEL
Waspada Bahaya Kanker Mulut Ganas, Begini Cara Deteksinya dari Dokter Tangerang

Waspada Bahaya Kanker Mulut Ganas, Begini Cara Deteksinya dari Dokter Tangerang

Selasa, 16 April 2024 | 14:24

Salah satu kasus keganasan dengan angka kematian tinggi ialah kanker mulut, yang hingga kini penyebabnya belum sepenuhnya diketahui karena terdapat banyak faktor berperan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill