Connect With Us

Kota Tangerang Targetkan PAD Rp1,48 Triliun

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 16 November 2016 | 18:00

Ilustrasi Uang Receh (Istimewa / TangerangNews)

 

TANGERANGNews.com-Pemerintah Kota Tangerang menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) pada APBD 2017 sebesar Rp1,48 triliun atau lebih besar Rp28,30 miliar dibanding target dana perimbangan.

 

Wakil Wakil Kota Sachrudin mengatakan, penentuan target pendapatan daerah tersebut sudah mempertimbangkan dari berbagai potensi pendapatan yang ada di Kota Tangerang. Antara lain untuk pajak daerah melalui upaya intensifikasi berupa pemuktahiran data wajib pajak, pengecekan lapangan, pemeriksaan terhadap kewajaran laporan sebanyak 146 wajib pajak yang menambah nilai ketetapan pajak sebesar  Rp1,05 miliar.

 

“Sedangkan untuk ekstensifikasi berupa identifikasi wajib pajak baru untuk tahun anggaran 2016 diperoleh penambahan wajib pajak baru sebanyak 126 wajib pajak dengan potensi pendapatan sebesar Rp6,5 miliar,” katanya Rapat Paripurna terkait Pengantar Nota Keuangan Raperda tentang APBD  Kota Tangerang Tahun Anggaran 2017, Rabu (16/11).

 

Adapun alokasi anggaran untuk urusan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur senantiasa terus ditingkatkan dan menjadi perhatian. Untuk urusan pendidikan tahun 2017 sudah memenuhi amanat peraturan perundangan sebesar 20 persen dari APBD.

 

“Anggaran diarahkan untuk peningkatan sarana dan prasaranan seperti penambahan ruang kelas sebesar Rp22,1 miliar, pemberian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sekolah swasta (Tangerang Cerdas) sebesar Rp16 miliar. Untuk pemberian BOP yang selama ini hanya bagi sekolah negeri, maka tahun 2017 diberikan juga kepada siswa sekolah swasta yang dianggarkan sebesar Rp60 miliar,” jelas Sachrudin.

 

Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan serta drainase, juga salah satu program prioritas di tahun 2017. Terdapat 67 titik pembangunan gorong-gorong, tujuh pembangunan jembatan serta ruas-ruas jalan yang mengalami kerusakan.

 

“Untuk penanganan banjir dan genangan dianggarkan Rp93 miliar, untuk pembangunan turap, normalisasi sungai, peningkatan pembangunan pusat-pusat pengendali banjir, pengerukan kali dan rehabilitasi atau peningkatan saluran drainase,” katanya.

 

Selain itu, pembangunan infrastruktur dasar yakni bedah rumah sebanyak 1697 unit dengan anggaran Rp. 43,5 miliar, pembangunan jamban sebaesar Rp6 miliar dan Program Tangerang Cerdas sebesar Rp16 miliar. “Sementara itu upaya-upaya yang dilaksanakan dalam pemberdayaan orang miskin, diantaranya adalah Program Tangerang Cerdas melalu beasiswa miskin, bedah rumah dan pembiayaan kesehatan masyarakat,” katanya.

 

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill