Connect With Us

2017, Program SPP Gratis SMA/SMK Kota Tangerang Distop

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 2 Desember 2016 | 16:48

Ilustrasi Siswa SMA (Istimewa / @TangerangNews.com)

 

TANGERANGNews.com-Program SPP gratis untuk SMA/SMK baik negeri maupun swasta di Kota Tangerang dipastikan akan distop pada 2017. Hal ini berkaitan dengan dialihkannya kewenangan SMA/SMK ke Provinsi sesuai revisi UU No 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

 

Ketua DPRD Kota Tangerang Suparmi mengatakan, pihaknya telah menanyakan ke Pemprov Banten terkait biaya SPP SMA/SMK di Kota Tangerang yang sudah digratiskan. Ternyata Pemprov belum mempunyai anggaran untuk SMA/SMK se-banten. “Jadi kedepan dipastikan akan berbayar ,” katanya, Jumat (2/12/2016).

 

Terkait hal ini, pihaknya pun telah melakukan sosialisasi ke masyarakat. DPRD juga meminta Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mensosialisasikan ke orang tua murid. “Supaya masyarakat tidak kaget dan tahu kondisinya,” katanya.

 

Suparmi menambahkan, meski adanya pengurangan anggaran untuk SPP SMA/SMK gratis, di tahun 2017, anggaran pendidikan tetap dimaksimalkan. Pemkot Tangerang sendiri, pada APBD 2017, menganggarkan sekitar 28 persen untuk sektor pendidikan, melebihi amanat UU dimana minimal 20 persen.

 

“Anggarannya sekitar 1 triliun untuk belanja langsung dan tidak langsung. Poin paling besar itu untuk menunjang operasional  sekolah, termasuk pemberian insentif guru,” katanya.

 

Wakil Ketua I DPRD Kota Tangerang Hapipi mengatakan, di tahun 2017, sekolah SD-SMP swasta akan diberikan bantuan operasional. Hal ini untuk menekan biaya sekolah siswa akan tidak terlalu mahal. Terutama bagi siswa kurang mampu yang tidak masuk sekolah negeri karena persoalan nilai.  “Bentuknya Bantuan Operasional (BOP), ini bisa digunakan untuk mengcover SPP siswa. Total anggarannya Rp50 miliar,” katanya.

 

Kebijakan bantuan ini dikembalikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang, untuk menentukan besar bantuan sekolah. Karena belum tentu semua sekolah menerimanya. “Dinas yang akan memilah, siapa yang akan menerima. Besaran juga belum ditentukan. Teknisnya di Dinas, kita cuma mendorong,” katanya.

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill