Connect With Us

Harga Cabai Mahal, Warga Tangerang Tanam Sendiri di perkarangan

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 16 Januari 2017 | 16:00

Warga menanam cabai diperkarangan rumah. (@tangerangnews 2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNews.com-Mahalnya harga cabai di pasaran saat ini membuat warga Kota Tangerang menanam cabai sendiri di pekarangan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cabai.

Seperti yang dilakukan Ros, 47, warga Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Ibu dua anak yang berprofesi sebagai petugas penyapu jalan itu memanfaatkan pekarangan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tangerang, untuk menanam 11 batang bibit cabai rawit.

“Bibit cabai ini saya dapat dari teman. Baru tumbuh sekitar dua minggu. Saya taman di sini saja, mudah-mudahan tumbuh besar dan berbuah,” katannya, Senin (16/1/2017).

Ros, yang setiap hari menyapu kawasan di Jalan Perintis kemerdekaan ini, memang kerap menanam sayuran. Sebelumnya dia juga sudah menanam pepaya jepang dan tomat untuk dikonsumsi sebagai lalapan. “Ya lumayan, buat di makan sendiri, jadi tidak perlu beli,” katanya.
Dia pun menanam cabai karena harga cabai yang semakin mahal. Saat ini saja mencapai Rp120 ribu per kilogram. Untuk itu dia menanam cabai sebagai solusi untuk konsumsi setiap hari.
“Dulu kalau beli 1 ons bisa dua kali nyambel, sekarang nggak bisa. Kalau nanem cabai, paling 4-5 bulan sudah bisa dipetik. Saya nanem 11 batang, sudah cukup lah buat kalau untuk makan keluarga,” jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan harga yang dikeluarkan Pemerintah Kota Tangerang per tanggal 9 Januari kemarin, harga cabai rawit merah masih bertahan di angka Rp120.000 perkilogram. Sementara cabai rawit hijau di kisaran Rp80.000 perkilogram dan harga cabai kriting merah dipatok Rp60.000 perkilogram.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill