Connect With Us

Pencari Kerja di Kota Tangerang Masih Didominasi Lulusan SMA

Agus Riyadi (GES) | Selasa, 24 Januari 2017 | 10:00

Rahmansyah saat melepas calon haji (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANGNews.com-Pencari kerja di Kota Tangerang masih didominiasi oleh lulusan tingkat sekolah menengaj atas (SMA). Namun, tingkat pengangguran tercatat oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang berangsur menyusut. Dari total sebanyak 19.323 orang Pencaker yang tercatat hingga di akhir Tahun 2016 kemarin, sekitar 11 ribu diantaranya kini telah ditempatkan bekerja diberbagai perusahaan diwilayah tersebut.


"70 persen pencari kerja masih terbilang dalam usia produktif, kami masih terus tingkatkan upaya kami untuk menyalurkan kerja, terutama yang lulus setingkat SMA," terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tangerang Rahmansyah, Selasa (28/1/2017).


"Jadi belakangan memang diketahui ada sekitar 11 ribu orang dari total 19.323 orang pencaker Tahun 2016 kemarin, saat ini telah ditempatkan bekerja di perusahaan-perusahaan. Kita terus berupaya menekan angka itu, mengingat jumlah pencaker memasuki awal tahun 2017 ini juga masih terus bertambah," ujar Rachmansyah kepada wartawan TangerangNews.com, Agus Riyadi.


Upaya itu dilakukan, kata dia, yakni dengan sejumlah program penyerapan tenaga kerja, seperti Job fair setiap tahunnya. Sedangkan, untuk tahun ini, direncanakan program job fair ini akan digelar pada April-Mei mendatang.

"Namun, di bulan Februari nanti, kita juga ada gelaran job fair ditingkat Kecamatan, sasarannya adalah bagi para pencari kerja yang ada diwilayah kelurahan-kelurahan. Disana, mereka (pencaker) nanti akan diberikan juga pelatihan bagaimana melakukan pelamaran kerja serta wawancara kerja dengan baik," tegasnya.

Rachmansyah menambahkan, tercatat jumlah perusahaan yang terlaporkan hingga dengan saat ini, ada sebanyak 3300 perusahaan. Dia pun optimis dapat menekan dan meminimalisir jumlah pengangguran di Kota Tangerang.

"Job fair di April atau Mei nanti, kita upayakan untuk sekitar 10 ribu pencari kerja, belum lagi dengan job fair keliling yang akan dilakukan di kecamatan. Jadi, pemerintah daerah selalu senantiasa memfasilitasi masyarakatnya, agar seluruh kebutuhan mereka, termasuk mengenai lapangan pekerjaannya dapat terpenuhi," tandasnya.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill