Connect With Us

2010,Berita Seputar Kota Tangerang Lewat SMS

| Kamis, 10 Desember 2009 | 16:13

ilustrasi sms (tangerangnews / tangerangnews/dira)


TANGERANGNEWS-Masyarakat Kota Tangerang nampaknya akan dimudahkan untuk mendapatkan informasi dan menyampaikan aspirasinya terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot). Sebab, Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) siap meluncurkan pelayanan melalui SMS gateway pada Januari 2010.
 
Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Diseminasi Informasi Agun Jumhendi Junus menjelaskan, SMS gateway ini merupakan bagian dari program lima pintu pelayanan informasi yang telah dicanangkan.
 
SMS gateway tersebut berisikan tiga kategori informasi, yakni dari pemerintah kepada masyarakat, masyarakat kepada pemerintah, dan pemerintah kepada jajarannya.
 
“Salah satu contoh informasi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat seperti identifikasi banjir diberbagai titik, sehingga masyarakat mengetahuinya secara jelas," ungkapnya, Kamis (10/12).
 
Dijelaskanya, untuk pengadaan SMS gateway ini diperlukan dana Rp18 juta yang dikhususkan untuk dua perangkat yakni softwear dan hardwear. “Soft wear tersebut kami buat sendiri, untuk hardwear terdiri dari 2 modem CDMA yang memang sudah dikhususkan," terang Agum.
 
Agum menambahkan, informasi yang didapatkan dari masyarakat kemudian akan diteruskan kepada SKPD masing-masing untuk pelaksanaanya. Seperti informasi kebakaran yang melaksanakan tugasnya Dinas Pemadam Kebakaran. Namun jika masyarakat meninginkan informasi tersebut, masyarakat diharuskan meregistrasi ke nomor yang telah disediakan. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan SMS.
 
“Masyarakat dikenakan biaya sebesar SMS ke operator lain. Tapi untuk menerima SMS sama sekali tidak dikenakan biaya. SMS gateway hanya berkapasitas 160 karakter,” imbuh Agun.
 
Hingga saat ini, Dinas Informasi dan Komunikasi sedang menunggu nomor untuk SMS gateway dari profider pendukung. “Nomor tersebut terdiri dari 6 digit. Jika sudah didapatkan maka SMS gateway siap diluncurkan,” paparnya.(rangga/dira)

TANGSEL
Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Jumat, 26 April 2024 | 18:02

Seorang gadis cantik yang tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill