Connect With Us

Tangkal Hoax, Pemkot Tangerang Latih 64 Tenaga IT

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 15 Maret 2017 | 19:55

| Dibaca : 1043

Pemkot Tangerang memberikan Pelatihan kepada Pegawainya di bidang Informasi Teknologi (IT), di Laboratorium Komputer Gedung Cisadane Kota Tangerang, Rabu (15/03/2017). (Tangerangnews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.COM-Seiring berkembangnya teknologi dan ramainya pengguna media sosial, semakin besar pula peluang tersebarnya berita palsu, atau biasa disebut orang-orang dengan berita hoax. Untuk mencegah maraknya hoax, Pemkot Tangerang memberikan pelatihan kepada pegawainya di bidang Informasi Teknologi (IT).

 

"Pegawai Pemkot harus bisa memberikan informasi yang valid kepada masyarakat. Oleh karenanya jangan sembarangan nge-share informasi yang belum jelas, " ujarnya Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah, saat memberikan arahan pada acara Pelatihan dan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Laboratorium Komputer Gedung Cisadane Kota Tangerang, Rabu (15/03/2017).

 

Arief mengatakan digitalisasi proses komunikasi membuat semua orang bisa menjadi produsen berita. Semuanya bisa memberitakan apa yang dilihat dan dialami. Hal ini terjadi di media sosial (medsos). Untuk itu, aparat bersama dengan media arus utama (mainstream) harus bisa meluruskan pemberitaan yang 'bengkok' tersebut.

 

"Contohnya kemarin, banyak beredar tuh informasi terkait serbuan dari salah satu kelompok transportasi berbasis aplikasi, padahal mereka lagi bersama saya, dan mereka saya tanya juga bilang itu informasi enggak bener," terangnya.

 

Arief juga meminta kepada aparat yang juga bagian dari masyarakat untuk bisa mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi yang aktual dan terpercaya. "Setidaknya arahkan mereka untuk mengakses informasi dari situs resmi pemerintah atau media yang terpercaya," tegasnya.

 

Dia berharap agar pegawai Pemkot Tangerang juga bisa terus membekali diri dengan pengetahuan terkait perkembangan teknologi informasi. Mengingat masih adanya pegawai yang belum bisa menggunakan aplikasi di ponsel pintar seperti android.

 

"Kita harus terus belajar. Sampai sekarang juga kalau (pegawai) enggak bisa masih nanya sama saya, bahkan yang instalin aplikasinya juga saya," tukasnya.

 

Untuk diketahui, Pelatihan Penerapan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut diikuti oleh 64 peserta yang berasal dari OPD dan Kecamatan se-Kota Tangerang.

MANCANEGARA
Warga Indonesia Diizinkan Masuk ke Arab Saudi Tanpa Transit Mulai 1 Desember

Warga Indonesia Diizinkan Masuk ke Arab Saudi Tanpa Transit Mulai 1 Desember

Sabtu, 27 November 2021 | 08:16

TANGERANGNEWS.com – Arab Saudi mulai mengizinkan warga negara Indonesia (WNI) masuk langsung ke negara itu tanpa harus transit di negara ketiga mulai 1 Desember 2021 mendatang

OPINI
Setop Propaganda Seks Bebas di Kampus Berkedok Anti-Kekerasan Seksual!

Setop Propaganda Seks Bebas di Kampus Berkedok Anti-Kekerasan Seksual!

Senin, 15 November 2021 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Seorang bandar narkoba mendatangi kepala sekolah SMA dan minta kepala sekolah melarang penjualan semua jenis narkoba apa pun kepada para siswa. Tentu seruan ini bagus dan disambut baik oleh kepala sekolah

TOKOH
Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:23

TANGERANGNEWS.com–Indonesia Police Watch (IPW) menilai tindakan oknum polisi Brigadir NP yang membanting mahasiswa saat pengamanan unjuk rasa rasa di depan Kantor Bupati Tangerang, Banten

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin