Connect With Us

Target 30% RTH di Kota Tangerang Butuh Rp18 Triliun

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 24 Maret 2017 | 17:00

Ruang terbuka hijau di Kompleks Departemen Kehutanan, Karang Tengah, Kota Tangerang. Wilayah Kota Tangerang perlu adanya ruang terbuka hijau seperti ini jika tidak mau berangsur ternggelam. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang membutuhkan anggaran sebesar Rp18 triliun untuk memenuhi target 30 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH). Jumlah itu pun jika diasumsikan harga tanah Rp1 juta per meter.

 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, saat ini RTH yang ada di Kota Tangerang baru mencapai 20 persen, dimana 10 persen-nya dikelola pemerintah dan 10 persen oleh swasta. Sementara 10 persen sisanya membutuhkan total lahan seluas 1.800 hektare.

 

"Kalau per meter tanah Rp1 juta berarti butuh Rp18 triliun untuk pembebasan lahan. Sementara tanah di Kota Tangerang sudah tidak ada yang harga segitu," tukasnya

 

Angaran tersebut dinilai terlalu besar untuk memenuhi kebutuhan RTH. Padahal RTH sangat dibutuhkan sebagai lahan serapan untuk mencegah banjir. Disisi lain, Pemkot Tangerang masih harus memikirkan kebutuhan lain yang prioritas seperti kualitas pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat.

 

"Karena itu kita membutuhkan peran swasta dan masyarakat untuk membantu pemerintah menyediakan RTH. Hal ini juga akan dibahas dalam (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) RPKD 2018," katanya.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill