Connect With Us

Berselancar Skateboard Sambil Memungut Sampah di CFD Kota Tangerang

Mohamad Romli | Minggu, 26 Maret 2017 | 12:00

Komunitas Skateboard Tangerang melakukan aksi memungut sampah di CFD Kota Tangerang, Minggu (26/3/2017). (@tangerangnews 2017 / Mohamad Romli)

 

TANGERANGNEWS.com-Aksi sekelompok anak muda ini perlu diacungi jempol, pada kegiatan car free day (CFD) di Tugu Adipura Kota Tangerang, Jalan Mohamad Yamin, Kota Tangerang, Minggu (26/3/2017). Dengan berseluncur di atas papan skateboard mereka tampak dengan sigap memunguti sampah di area CFD . Kemudian mereka juga menelusuri setiap sudut di lokasi tersebut untuk memungut sampah yang berserakan.

Arjuna, seorang rider skateboard mengatakan, dia melakukan aksi tersebut karena sadar menjaga kebersihan hal yang sangat penting.

"Menjaga kebersihan itu sangat penting bagi kehidupan masyarakat, waktu kemarin acara HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) saja, sampah dalam sehari sudah berpuluh-puluh kilogram. Jadi kalau misalnya enggak ada yang peduli sama sampah, bakalan numpuk," katanya.

Sementara Andhika Wirawan, Ketua Komunitas Skateboard Tangerang mengatakan, aksi rider skateboard tersebut sudah empat kali dilakukan di CFD tersebut.

"Aksi ini dilakukan rutin setiap CFD, ini adalah aksi keempat kali, dan akan terus dilakukan secara berkesinambungan," katanya.

Sontak aksi anak-anak muda ini mendapat perhatian pengunjung CFD, dengan menenteng plastik berwarna kuning bertuliskan gerakan pilah sampah, beberapa pengunjung CFD pun menghampiri mereka untuk menyerahkan sampah kemasan makanan dan minuman.

"Kami juga sekalian sosialisasi kepada pengunjung CFD untuk mengolah sampah dengan cara memilah sampah sesuai jenisnya, yaitu organik dan anorganik dengan prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) serta membuang sampah pada tempatnya, karena kami mendukung program Dinas Linkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Tangerang, yaitu less waste event dan sedekah sampah," terang Andhika yang juga Sekretaris Jendral Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Tangerang.

Sampah yang terkumpul tersebut kemudian ditempatkan oleh para rider skateboard tersebut disatu armada pengangkut sampah yang disediakan oleh DLHK Kota Tangerang, kemudian akan dilakukan pemilahan sesuai jenis sampah tersebut oleh bank sampah. Sampah jenis plastik, kardus dan kemasan minuman akan dijual kemudian hasil penjualan tersebut akan disumbangkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang.

Andhika berharap, kegiatan ini menginspirasi warga Kota Tangerang lainnya, "Kami berharap semakin banyak warga Kota Tangerang yang melakukan hal serupa dilingkungannya masing-masing," harapnya.

 

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill