Connect With Us

Kali Mookervart Perbatasan Tangerang-DKI Terbengkalai

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 27 April 2017 | 17:00

Kali Mookervart, Kamis (27/4/2017). (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kali Mookervart yang merupakan pengendali banjir dari Kota Tangerang ke DKI Jakarta, kondisinya terbengkalai. Kali ini menjulang sepanjang 13 Km di sisi Jalan Daan Mogot dari Pintu Air depan Kantor Satpol PP Kota Tangerang hingga Kali Deres, Jakarat Barat.

Air sungai yang dangkal dan keruh menyebabkan sisi kali ditumbuhi pepohonan seperti hutan belantara. Tak hanya itu, bahkan beberapa orang mendirikan bangunan semi permanen berupa gubuk liar di jalur hijau ini.

Pemerintah Kota Tangerang rencananya memanfaarkan kali tersebut sebagai sumber air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)  dengan membangun long storage (Penampung air memanjang).

“Kita kan dapat dana bantuan dari Pemprov DKI Jakarta untuk membangun trash rake (Penjaring sampah) di Kali Mokervart. Jadi rencananya akan kita bangun long storage,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Kamis (27/4/2017).

Dengan long storage tersebut, nantinya air yang ditampung bisa dimanfaatkan PDAM untuk mengolah air bersih sehingga bisa melayani kebutuhan air di kawasan Batuceper dan DKI Jakarta.

“Trash rake nya akan dibangun di daerah Batuceper, lalu kita optimalkan dengan longstorage. Sehingga tak hanya bisa mengangkut sampah, tapi juga bisa jadi sumber air baku,” ujar Arief.

Namun, untuk bisa mengalirkan air, kata Arief, pintu air yang berada di depan kantor Satpol PP akan diperbaiki terlebih dahulu. Selama ini pintu air tersebut tidak pernah digunakan karena memang untuk mencegah air mengalir ke DKI Jakarta agar tidak banjir.

“Selain itu juga akan dilakukan normalsiasi sepanjang Kali Mokervart,” katanya.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill