Connect With Us

Guru Ciptakan Dua Tarian Baru Khas Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 10 Mei 2017 | 17:00

Gebyar Pensi & Porsa 2017, Mengenalkan Tari Sangego dan Tari Topeng Tarian Baru Khas Kota Tangerang, Rabu (10/5/2017). (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Jika selama ini masyarakat Kota Tangerang mengenal Tari Lenggang Cisadane, saat ini ada dua tarian baru khas kota akhlakul karimah tersebut.
 
Tarian tersebut adalah Tari Sangego dan Tari Topeng. Kedua tarian diciptakan oleh sejumlah guru kesenian di SMP Negeri 6 Kota Tangerang.
 
Ratna Amalia, salah satu tim dari pembuat Tari Sangego mengatakan, tarian ini mengisahkan tentang kemajemukan masyarakat Kota Tangerang yang dipisahkan oleh Sungai Cisadane. 
 
“Atas filosofi itulah pentingnya sebuah jembatan, yang mampu menghubungkan antar dua wilayah yang berbeda. Salah satunya jembatan di Sangego, yang mampu menjadi penghubung beragam etnis, budaya, ekonomi dan kegiatan masyarakat Kota Tangerang,” ungkapnya pada, Rabu (10/5/2017).
 

 
Ratna yang juga guru kesenian menjelaskan, gerakan dalam Tarian Sangego melambangkan kegiatan sehari-hari. Bahkan, detail seperti gerakan mengambil air di sungai pun terlihat jelas.
 
“Jadi tarian Sangego sangat jelas melambangkan kegiatan masyarakat Kota Tangerang,” tambahnya.
 
Selain itu, aransemen musik yang digunakan pun menurutnya sangat original. Pasalnya, dentuman gamelan dilantunkan langsung oleh tim dari SMP Negeri 6 Kota Tangerang.
 
“Kami menyajikan karya yang benar-benar orisinil, bahkan sangat berbeda dengan Tarian Lenggang Cisadane,” singkatnya.
 
Sementara Kepala SMP Negeri 6 Maksum mengatakan, untuk tahun ini sekolahnya menciptakan dua tarian baru yang orisinil yaitu Tari Sangego dan Topeng.
 
“Tari Sangego baru pertama kali kita tampilkan pada saat Pentas Seni dan Olahraga SMP Negeri 6 Kota Tangerang,” paparnya.
 
Sebab kata dia, SMP Negeri 6 merupakan sekolah yang terkenal akan seni tarian. Tim dari sekolah yang dipimpinnya sudah sering keluar daerah, bahkan hampir mengelilingi Indonesia.
 
“Kita berkomitmen untuk menjadikan pendidikan disekolah bukan hanya sekedar baik secara akademik. Tetapi non akademik juga tak luput dari perhatian kita, karena lewat kegiatan non akademik akan membentuk karakter siswa,” pungkasnya
TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill