Connect With Us

Busway Masuk Puri Beta, Arus Lalu Lintas akan Diubah

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 16 Mei 2017 | 18:00

Arief duduk bersama Djarot di Busway. (@tangerangnews2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Busway Tranjakarta Koridor 13 rute Tendean-Ciledug akhirnya diizinkan berputar di Perumahan Puri Beta, Ciledug, setelah Pemprov DKI Jakarta menyetujui permintaan Pemkot Tangerang untuk melanjutkan pembangunan Elevated Busway sampai Ciledug Business District (CBD).
 
Bus ini pun sempat diuji coba oleh Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah, pada Senin (16/5/2017).
 
Namun sebelum Elevated Busway ini secara resmi beroperasi penuh pada 22 Juni 2017, perlu dibuat terlebih dahulu rekayasa pengalihan lalu lintas Jalan HOS Cokroaminoto di depan Puri Beta.
 
“Kita akan lakukan rekayasa lalu lintas di sana, kalau tidak nanti bus akan bersinggungan antara kendaran yang keluar masuk Puri Beta maupun yang hanya melintas di Jalan HOS Cokroaminoto,” kata Kadishub Kota Tangerang Saepul Rohman, Selasa (16/5/2017).
 
Menurut Saepul, nantinya arus lalu lintas akan dibuat satu arah. Semua kendaraan harus masuk Puri Beta 2, yang akan ke Ciledug belok kiri dan yang ke Jakarta belok ke Kanan. Khusus transjakarta masuk lagi Puri Beta 1.
 
“Jadi akan buat dua halte, masing masing di Puri Beta 1 dan 2. Kendaraan harus masuk Puri Beta, tidak seperti yang sekarang ini, kalau tidak pasti akan terjadi kemacetan,” paparnya.
 

 
Saepul menambahkan, rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan H-10 sebelum Elevated Busway resmi beroperasi pada 22 Juni. Untuk memastikannya, Elevated Busway akan diuji coba lagi mengangkut penumpang pada pagi dan sore hari.
 
“Nanti ada sosialiasi, kalau memang sarananya sudah terbangun. Harus dilengkapi marka, rambu, pembangunan halte. Secara teknis nanti akan dibahas dengan pengembang Prui Beta dan operator Transjakarta yang difasilitasi oleh Dishub Kota Tangerang,” jelasnya.
 
Sementara terkait pembangunan jalur hingga ke CBD, Saepul mengatakan bahwa hal itu akan dibahas secepatnya dengan Pemprov DKI Jakarta. Sebelumnya, sudah ada Mou Kerjasama terkait lanjutan pembangunan jalur tersebut.
 
“Pembangunan sepertinya tidak bisa tahun ini, tapi tidak lanjut dari hasil pertemuan kemarin antara Pak wali dengan Guebrnur, sepakat elevated diteruskan sampai CBC. Adapun teknisnya akan dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama,” tukasnya.
 
Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah mengatakan, wilayah Ciledug yang memang sudah terkenal macetnya, sehingga dengan adanya elevated busway nanti diharapkan akan sedikit tertata, terutama dari sistem transportasinya.
 
"Kita Pemkot Tangerang dan DKI ingin sama-sama menyelesaikan kemacetan, pinginnya mengalihkan dari kendaraan pribadi yang kurang lebih setiap hari ada 56 ribu kendaraan dari Tangerang Jakarta atau sebaliknya," terangnya.
TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill