Connect With Us

Jelang Puasa, Ratusan Warga Babakan Keramas Bareng

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 25 Mei 2017 | 15:00

| Dibaca : 686

Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah, turut hadir dan mengikuti kegitan masyarakat babakan, dalam ritual mandi keramas di pinggir Kali Cisadane, Kamis (25/5/2017). (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

 
TANGERANGNEWS.com-Ratusan warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, melakukan ritual mandi keramas di pinggir Kali Cisadane, Kamis (25/5/2017). Kegiatan ini merupakan ritual rutin masyarakat setempat dalam rangka mensucikan diri menjelang bulan Ramadan.
 
Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga berkumpul di pinggir, kemudian mandi dan keramas bersama-sama. Untuk keramas mereka menggunakan merang.
 
Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah yang ikut menyaksikan kegiatan ini mengatakan bahwa ritual mandi keramas ini merupakan kearifan lokal warga Kampung Babakan yang sudah dilakukan sejak lama.
 
"Jadi kegiatan ini terus dilakukan untuk menjaga agar budaya ini tidak hilang sekaligus memperkenalkan ke anak-anak," katanya.
 

 
Makna dari keramas ini sendiri, menurit Arief adalah untuk membersihkan diri sebelum berpuasa, sehingga ibadahnya bisa lebih khusu. "Keramas ini jadi mandi wajib. Semoga dengan kebersamaan  ini semakin  meningkatkan semangat ukuwah dan keimanan kita dalam menjalankan ibadah puasa," pungkasnya.
 
Sementara Samiah, 30, salah satu warga Babakan mengatakan sudah mengikuti kegiatan ini sejak 20 tahun lalu. "Tiap tahun saya ikut, ini memang sudah dilakukan dari jaman nenek moyang di kampung sini," ujarnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Rudiantara Ingin Tiru Silabus Perusahaan Teknologi Asing, Ini Alasannya

Rudiantara Ingin Tiru Silabus Perusahaan Teknologi Asing, Ini Alasannya

Selasa, 12 Maret 2019 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara akan mengadopsi beberapa silabus dari perusahaan global technology di luar negeri untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

BANDARA
AP II Telah Selesaikan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bandara Soetta

AP II Telah Selesaikan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bandara Soetta

Senin, 11 Maret 2019 | 19:00

TANGERANGNEWS.com- PT Angkasa Pura II percepat proses penuntasan pembayaran ganti rugi lahan runway ketiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimana saat ini dalam proses konsinyasi di Pengadilan Negeri Tangerang.

NASIONAL
Kurangi Penggunaan Plastik, Alfamart Sediakan Tas Pakai Ulang

Kurangi Penggunaan Plastik, Alfamart Sediakan Tas Pakai Ulang

Senin, 18 Maret 2019 | 23:00

TANGERANGNEWS.com-Sebagai salah satu jaringan toko ritel modern terbesar di Indonesia, Alfamart dan Alfamidi mengajak pelanggan dan masyarakat luas untuk aktif mengurangi konsumsi kantong plastik sekali pakai.

BANTEN
DPD Walubi Provinsi Banten Resmi Dilantik

DPD Walubi Provinsi Banten Resmi Dilantik

Minggu, 3 Maret 2019 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Jajaran struktur organisasi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Provinsi Banten secara resmi dilantik.

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby