Connect With Us

Jelang Puasa, Ratusan Warga Babakan Keramas Bareng

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 25 Mei 2017 | 15:00

| Dibaca : 723

Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah, turut hadir dan mengikuti kegitan masyarakat babakan, dalam ritual mandi keramas di pinggir Kali Cisadane, Kamis (25/5/2017). (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

 
TANGERANGNEWS.com-Ratusan warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, melakukan ritual mandi keramas di pinggir Kali Cisadane, Kamis (25/5/2017). Kegiatan ini merupakan ritual rutin masyarakat setempat dalam rangka mensucikan diri menjelang bulan Ramadan.
 
Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga berkumpul di pinggir, kemudian mandi dan keramas bersama-sama. Untuk keramas mereka menggunakan merang.
 
Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah yang ikut menyaksikan kegiatan ini mengatakan bahwa ritual mandi keramas ini merupakan kearifan lokal warga Kampung Babakan yang sudah dilakukan sejak lama.
 
"Jadi kegiatan ini terus dilakukan untuk menjaga agar budaya ini tidak hilang sekaligus memperkenalkan ke anak-anak," katanya.
 

 
Makna dari keramas ini sendiri, menurit Arief adalah untuk membersihkan diri sebelum berpuasa, sehingga ibadahnya bisa lebih khusu. "Keramas ini jadi mandi wajib. Semoga dengan kebersamaan  ini semakin  meningkatkan semangat ukuwah dan keimanan kita dalam menjalankan ibadah puasa," pungkasnya.
 
Sementara Samiah, 30, salah satu warga Babakan mengatakan sudah mengikuti kegiatan ini sejak 20 tahun lalu. "Tiap tahun saya ikut, ini memang sudah dilakukan dari jaman nenek moyang di kampung sini," ujarnya.

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

TANGSEL
Gerindra Tangsel Tak Intruksikan Kader Besok ke Jakarta, Namun ...

Gerindra Tangsel Tak Intruksikan Kader Besok ke Jakarta, Namun ...

Selasa, 21 Mei 2019 | 23:07

TANGERANGNEWS.com-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Tangerang Selatan tidak mengintruksikan anggota dan kadernya untuk ikut serta dalam aksi 22 Mei besok.

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)