Connect With Us

PMI Kota Tangerang Siapkan 14 Ribu Kantong Darah Selama Bulan Puasa

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 29 Mei 2017 | 17:00

Kantor PMI Kota Tangerang. (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-UDD PMI Kota Tangerang menargetkan 14 ribu kantong darah untuk memenuhi permintaan darah selama bulan puasa. Dengan jumlah tersebut, dipastikan stok darah aman untuk penyediaan ke sejumlah daerah.

Staff Bagian Pelayanan Donor Darah PMI Kota Tangerang Hasbullah mengatakan, jumlah penyediaan tersebut meningkat jika dibanding hari biasa yang hanya 8000 hingga 10 ribu kantong setiap bulannya. Pasalnya selama bulan puasa, jumlah pendonor akan menurun hingga 80 persen, sementara jumlah permintaaan tetap tinggi.

 

“Kalau kita stok di bawah 14 ribu, tidak akan cukup sampai lebaran. Sedangkan kita tidak hanya melayani Kota Tangerang, tapi juga kota lain seperti Serang, Pandenglang, Tangsel, Bogor, Depok, bahkan 40 persen permintaaan dari DKI Jakarta,” katanya, Senin (29/5/2017).

Untuk memenuhi target ketersediaan darah tersebut, PMI gencar melakukan kegiatan di sejumlah tempat seperti pusat perbelanjaan dan perusahaan swasta. Pihaknya menyediakan tiga bus donor darah yang bisa diakses dioperasikan mobile.

“Kita gencar melakukan jemput bola. Untuk bulan puasa ini, kita sediakan juga di sejumlah Masjid, jadi masyarakat bisa mendonor habis sehabis salat tawarih,” jelasnya.

Selain itu, PMI juga memilah produk darah yang paling dibutuhkan masyarakat. Misalnya ketika bulan puasa, produk tromobosit paling dibutuhkan. “Produk ini kita perbanyak dulu, supaya permintaan terpenuhi,” papar Hasbullah.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap mendonorkan darah meski dibulan puasa. Pendonoran bisa dilakukan usai berbuka puasa, sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah tersebut. “Tidak perlu siang-siang, bisa malah habis buka atau tarawih,” pungkasnya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Kamis, 25 April 2024 | 21:09

Kota Tangerang kembali didapuk sebagai tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional. Kali ini adalah Kejuaraan Gateball 2024 yang digelar selama tiga hari yakni tanggal 26-28 April 2024, di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill