Connect With Us

Upaya Cegah Korupsi, Kota Tangerang Terapkan e-Kontrak

Advertorial | Selasa, 30 Mei 2017 | 10:00

| Dibaca : 1122

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Melakukan pelantikan pejabat di lingkup Pemkot Tangerang, Selasa (14/03/2017). (Tangerangnews / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Satu aplikasi kembali diterapkan oleh Pemkot Tangerang. Aplikasi yang bernama e-Kontrak ini, diterapkan untuk mencegah korupsi di lingkungan pemerintah setempat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Syamsul Bahri mengatakan, e-Kontrak adalah suatu aplikasi yang mencatat perjanjian tertulis antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Penyedia Barang/Jasa atau pelaksana swakelola secara elektronik.

“Setiap perjanjian dilakukan  secara elektronik sehingga  lebih transparan dan efisien ,”kata Syamsul, hari ini.

Menurut Syamsul dengan aplikasi e-Kontrak  diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemerintah Kota Tangerang, baik yang lelang umum maupun Penunjukan Langsung (PL),  berlangsung tertib administrasi dan aturan. Saat ini  terdapat sekitar 3.000 paket pengadaan. Di mana 700 lelang umum, sisanya PL.

Dengan adanya aplikasi e-Kontrak diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemkot Tangerang. Baik yang lelang umum maupun PL, dapat senantiasa tertib administrasi dan tentunya tertib aturan.

Wakil Wali Kota Sachrudin mengatakan, Pemkot Tangerang telah menggunakan sistem  e-Procurement. Procurement  adalah proses dimana perusahaan memperoleh komponen bahan baku atau produk.

Sistem ini kata Sachrudin memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum dan pra-kualifikasi serta sourcingSourcing  adalah penggunaan satu atau lebih strategi untuk menarik atau mengidentifikasi kandidat untuk mengisi lowongan pekerjaan.

Sourcing  ini dilakukan secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website,” kata Sacrudin.

Penggunaan e-Procurement  secara signifikan akan meningkatkan kinerja dan efektifitas serta efisiensi, bahkan transparansi dan akuntabilitas.

Upaya itulah, yang selama ini telah dan terus ditingkatkan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Kota Tangerang.

SPORT
Laga Uji Coba, Persita Unggul 1-4 dari Timnas Senior PSSI

Laga Uji Coba, Persita Unggul 1-4 dari Timnas Senior PSSI

Jumat, 21 Februari 2020 | 23:25

TANGERANGNEWS.com-Skuat Pendekar Cisadane menjajal kemampuan sebelum berlaga di Liga 1 2020. Tim asuhan Widodo C Putro itu bertemu

TANGSEL
Pilkada Tangsel Tak Ada Calon Independen

Pilkada Tangsel Tak Ada Calon Independen

Senin, 24 Februari 2020 | 23:14

TANGERANGNEWS.com-KPU Kota Tangerang Selatan resmi menutup pendaftaran calon jalur perseorangan atau independen pada Pilkada Tangsel 2020, Minggu (23/2/2020) pukul 00.00 WIB

KAB. TANGERANG
Hebat! Warga Sodong Village Perbaiki Jalan Tanpa Bantuan Pemerintah

Hebat! Warga Sodong Village Perbaiki Jalan Tanpa Bantuan Pemerintah

Minggu, 23 Februari 2020 | 18:36

TANGERANGNEWS.com-Jalan merupakan fasilitas umum yang seyogianya dibangun oleh pemerintah jika fasos-fasum sudah diberikan dari pengembang kepada pemerintah

BANTEN
Heri Sulistya Jabat Direktur Polairud Polda Banten

Heri Sulistya Jabat Direktur Polairud Polda Banten

Senin, 24 Februari 2020 | 17:19

TANGERANGNEWS.com-Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Banten resmi dijabat Kombes Pol Heri Sulistya. Ia menggantikan Kombes Pol Nunung Syaifuddin yang kini menjabat Direktur Direktorat Reserse Kriminan Khusus

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt