Connect With Us

Upaya Cegah Korupsi, Kota Tangerang Terapkan e-Kontrak

Advertorial | Selasa, 30 Mei 2017 | 10:00

| Dibaca : 1145

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Melakukan pelantikan pejabat di lingkup Pemkot Tangerang, Selasa (14/03/2017). (Tangerangnews / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Satu aplikasi kembali diterapkan oleh Pemkot Tangerang. Aplikasi yang bernama e-Kontrak ini, diterapkan untuk mencegah korupsi di lingkungan pemerintah setempat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Syamsul Bahri mengatakan, e-Kontrak adalah suatu aplikasi yang mencatat perjanjian tertulis antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Penyedia Barang/Jasa atau pelaksana swakelola secara elektronik.

“Setiap perjanjian dilakukan  secara elektronik sehingga  lebih transparan dan efisien ,”kata Syamsul, hari ini.

Menurut Syamsul dengan aplikasi e-Kontrak  diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemerintah Kota Tangerang, baik yang lelang umum maupun Penunjukan Langsung (PL),  berlangsung tertib administrasi dan aturan. Saat ini  terdapat sekitar 3.000 paket pengadaan. Di mana 700 lelang umum, sisanya PL.

Dengan adanya aplikasi e-Kontrak diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemkot Tangerang. Baik yang lelang umum maupun PL, dapat senantiasa tertib administrasi dan tentunya tertib aturan.

Wakil Wali Kota Sachrudin mengatakan, Pemkot Tangerang telah menggunakan sistem  e-Procurement. Procurement  adalah proses dimana perusahaan memperoleh komponen bahan baku atau produk.

Sistem ini kata Sachrudin memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum dan pra-kualifikasi serta sourcingSourcing  adalah penggunaan satu atau lebih strategi untuk menarik atau mengidentifikasi kandidat untuk mengisi lowongan pekerjaan.

Sourcing  ini dilakukan secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website,” kata Sacrudin.

Penggunaan e-Procurement  secara signifikan akan meningkatkan kinerja dan efektifitas serta efisiensi, bahkan transparansi dan akuntabilitas.

Upaya itulah, yang selama ini telah dan terus ditingkatkan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Kota Tangerang.

PROPERTI
Duta Indah Residence Tawarkan Rumah Berkonsep Town House di Tangerang

Duta Indah Residence Tawarkan Rumah Berkonsep Town House di Tangerang

Selasa, 15 September 2020 | 10:54

TANGERANGNEWS.com– Salah satu kota penyangga Jakarta yang menjadi incaran masyarakat untuk memiliki hunian adalah Tangerang. Perkembangan properti di kawasan ini sangat pesat karena kebutuhan rumah tinggal masih tinggi

KAB. TANGERANG
29 Buruh PT LG di Tangerang Positif COVID-19

29 Buruh PT LG di Tangerang Positif COVID-19

Rabu, 23 September 2020 | 11:23

TANGERANGNEWS.com-Klaster penularan COVID-19 muncul lagi di pabrik Kabupaten Tangerang. Jika sebelumnya buruh pabrik permen yang terjangkit tersebut, kali ini di PT LG Electronics Indonesia

TANGSEL
Sehari, 3 Kali Kebakaran Terjadi di Tangsel

Sehari, 3 Kali Kebakaran Terjadi di Tangsel

Rabu, 23 September 2020 | 21:13

TANGERANGNEWS.com-Dalam waktu sehari, Kebakaran terjadi di tiga lokasi di Tangsel, yaitu di Kecamatan Ciputat, Pondok Aren, serta Pamulang

AYO! TANGERANG CERDAS
Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Kamis, 17 September 2020 | 10:48

TANGERANGNEWS.com- Cerita di Indonesia selama ini mengenai larangan mandi di malam hari membuat kita terpengaruh. Mitos dan hoax mengenai kesehatan memang banyak beredar di masyarakat, terutama dahulu

"Kerja sama terjadi bukan karena tak ada konflik, tetapi sebagai sarana untuk mengelola konflik."

Qoute