Connect With Us

Upaya Cegah Korupsi, Kota Tangerang Terapkan e-Kontrak

Advertorial | Selasa, 30 Mei 2017 | 10:00

| Dibaca : 1041

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Melakukan pelantikan pejabat di lingkup Pemkot Tangerang, Selasa (14/03/2017). (Tangerangnews / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Satu aplikasi kembali diterapkan oleh Pemkot Tangerang. Aplikasi yang bernama e-Kontrak ini, diterapkan untuk mencegah korupsi di lingkungan pemerintah setempat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Syamsul Bahri mengatakan, e-Kontrak adalah suatu aplikasi yang mencatat perjanjian tertulis antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Penyedia Barang/Jasa atau pelaksana swakelola secara elektronik.

“Setiap perjanjian dilakukan  secara elektronik sehingga  lebih transparan dan efisien ,”kata Syamsul, hari ini.

Menurut Syamsul dengan aplikasi e-Kontrak  diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemerintah Kota Tangerang, baik yang lelang umum maupun Penunjukan Langsung (PL),  berlangsung tertib administrasi dan aturan. Saat ini  terdapat sekitar 3.000 paket pengadaan. Di mana 700 lelang umum, sisanya PL.

Dengan adanya aplikasi e-Kontrak diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemkot Tangerang. Baik yang lelang umum maupun PL, dapat senantiasa tertib administrasi dan tentunya tertib aturan.

Wakil Wali Kota Sachrudin mengatakan, Pemkot Tangerang telah menggunakan sistem  e-Procurement. Procurement  adalah proses dimana perusahaan memperoleh komponen bahan baku atau produk.

Sistem ini kata Sachrudin memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum dan pra-kualifikasi serta sourcingSourcing  adalah penggunaan satu atau lebih strategi untuk menarik atau mengidentifikasi kandidat untuk mengisi lowongan pekerjaan.

Sourcing  ini dilakukan secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website,” kata Sacrudin.

Penggunaan e-Procurement  secara signifikan akan meningkatkan kinerja dan efektifitas serta efisiensi, bahkan transparansi dan akuntabilitas.

Upaya itulah, yang selama ini telah dan terus ditingkatkan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Kota Tangerang.

TEKNO
Ponsel Gaming Xiaomi Segera Dirilis

Ponsel Gaming Xiaomi Segera Dirilis

Minggu, 14 Oktober 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Setelah cukup sukses dengan pasar smartphone murah, Xiaomi berencana akan mengeluarkan produk smartphone gaming pertamanya, Black Shark. Sejak diluncurkan bulan April lalu, ketersediaan Black Shark sangat terbatas

HIBURAN
Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Senin, 15 Oktober 2018 | 18:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sukses membuat Pasar Jajan di Taman Potret dan Taman Gajah dengan konsep modern dan milenial, Pemerintah Kota

AYO! TANGERANG CERDAS
Program Listrik 35 Ribu MW, SMK OL BSD Diminta Cetak Teknisi

Program Listrik 35 Ribu MW, SMK OL BSD Diminta Cetak Teknisi

Kamis, 18 Oktober 2018 | 17:46

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah saat ini tengah gencar melakanakan program listrik 35 ribu megawatt (MW) dengan membangun sejumlah

BANTEN
18 Tahun Banten, Kisah Max Havelaar Tak Boleh Terulang

18 Tahun Banten, Kisah Max Havelaar Tak Boleh Terulang

Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:34

TANGERANGNEWS.com-Hari ini, 4 Oktober 2018, Provinsi Banten genap berusia 18 tahun. Usia yang cukup matang untuk sebuah daerah otonom hasil

"Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah jadi tetapi berasal dari tindakan kita sendiri"

Tenzin Gyatso