Connect With Us

Upaya Cegah Korupsi, Kota Tangerang Terapkan e-Kontrak

Advertorial | Selasa, 30 Mei 2017 | 10:00

| Dibaca : 947

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Melakukan pelantikan pejabat di lingkup Pemkot Tangerang, Selasa (14/03/2017). (Tangerangnews / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Satu aplikasi kembali diterapkan oleh Pemkot Tangerang. Aplikasi yang bernama e-Kontrak ini, diterapkan untuk mencegah korupsi di lingkungan pemerintah setempat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Syamsul Bahri mengatakan, e-Kontrak adalah suatu aplikasi yang mencatat perjanjian tertulis antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Penyedia Barang/Jasa atau pelaksana swakelola secara elektronik.

“Setiap perjanjian dilakukan  secara elektronik sehingga  lebih transparan dan efisien ,”kata Syamsul, hari ini.

Menurut Syamsul dengan aplikasi e-Kontrak  diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemerintah Kota Tangerang, baik yang lelang umum maupun Penunjukan Langsung (PL),  berlangsung tertib administrasi dan aturan. Saat ini  terdapat sekitar 3.000 paket pengadaan. Di mana 700 lelang umum, sisanya PL.

Dengan adanya aplikasi e-Kontrak diharapkan setiap proses tahapan paket pengadaan di lingkup Pemkot Tangerang. Baik yang lelang umum maupun PL, dapat senantiasa tertib administrasi dan tentunya tertib aturan.

Wakil Wali Kota Sachrudin mengatakan, Pemkot Tangerang telah menggunakan sistem  e-Procurement. Procurement  adalah proses dimana perusahaan memperoleh komponen bahan baku atau produk.

Sistem ini kata Sachrudin memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum dan pra-kualifikasi serta sourcingSourcing  adalah penggunaan satu atau lebih strategi untuk menarik atau mengidentifikasi kandidat untuk mengisi lowongan pekerjaan.

Sourcing  ini dilakukan secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website,” kata Sacrudin.

Penggunaan e-Procurement  secara signifikan akan meningkatkan kinerja dan efektifitas serta efisiensi, bahkan transparansi dan akuntabilitas.

Upaya itulah, yang selama ini telah dan terus ditingkatkan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Kota Tangerang.

BANTEN
Taruna Merah Putih Anggap Gerakan Kotak Kosong Demokrasi Tak Berwajah

Taruna Merah Putih Anggap Gerakan Kotak Kosong Demokrasi Tak Berwajah

Jumat, 19 Januari 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Taruna Merah Putih (TMP) Provinsi Banten menyerukan masyarakat untuk menggunakan

AYO! TANGERANG CERDAS
Sinar Mas & Purwadhika Berikan Beasiswa Pelatihan IT Untuk Lulusan SMA

Sinar Mas & Purwadhika Berikan Beasiswa Pelatihan IT Untuk Lulusan SMA

Rabu, 8 November 2017 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land dan Purwadhika sepakat menjalin kerjasama untuk memberikan beasiswa pelatihan IT developer kepada

WISATA
5 Destinasi Wisata Rekomendasi di Kota Tangerang

5 Destinasi Wisata Rekomendasi di Kota Tangerang

Rabu, 27 Desember 2017 | 15:00

TANGERANGNEWS.com - Kota Tangerang yang sering disebut sebagai Kota Seribu Industri dan Sejuta Jasa ini memiliki berbagai destinasi wisata yang

TANGSEL
Direlokasi, Pedagang Pasar Gintung Curhat ke Airin

Direlokasi, Pedagang Pasar Gintung Curhat ke Airin

Jumat, 19 Januari 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Proses revitalisaai Pasar Situ Gintung, Rempoa Ciputat menuai kontra dari para pedagangnya. Para pedagang bukannya menolak adanya pembangunan pasar yang terletak di Ciputat Timur tersebut.

"Dalam hidup, tidak ada seorang pun yang mendapatkan tempat seperti apa yang mereka sangka akan dapatkan. Tapi ketika Anda bekerja dengan keras dan bersikap baik, berbagai hal yang mengagumkan akan terjadi."

Conan O'Brein