Connect With Us

Jelang Lebaran 2017, BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta yang Mudik

Advertorial | Kamis, 15 Juni 2017 | 13:00

Konferensi Pers Mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/6/2017). (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Menjelang hari raya Idul Fitri 2017, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait pelayanannya. Dimana peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehetan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Tangerang dr Medianti Ellya Permatasari, Kamis (15/6/2017).

Menurut Medi, kebijakan penyederhanaan layanan kesehatan berlaku sejak 19 Juni sampai 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan tersebut mengacu kepada prinsip portabilitas yang diempan.

BPJS

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku saat mudik dan status kepersertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar statusnya aktif," jelasnya.

Untuk mengecek iuran peserta dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi mobile, atau melalui care center 1500400.

"Untuk memastikan kelancaran peserta, pihaknya juga telah menciptakan aplikasi mudik yang dapat didownload gratis di google play store untuk perangkat android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, lokasi penting, serta media sosial," papar Medi.

Selama musim libur lebaran, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh layanan administrasi peserta JKN-KIS, serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

"Layanan cara center hadir 24 jam, sementara khusus konsultasi kesehatan dapat diperoleh Senin-Jumat 07.00-20.00 WIB," ungkapnya.

Medi menegaskan, selama peserta mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, maka fasilitas tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta.

BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik di delapan titik padat pemudik, yaitu terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali serta Pelabuhan Merak Banten.

Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar 21 Juni-24 Juni tersebut menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada pemudik.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill