Connect With Us

PMI Kota Tangerang Bukber Dengan Pendonor

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 17 Juni 2017 | 00:00

PMI Kota Tangerang menggelar buka puasa bersama dengan jajaran anggota dan para pendonor darah yang berjumlah sekitar 200 peserta, Jumat (16/6/2017). (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews2017)

TANGERANGNEWS.com - PMI Kota Tangerang menggelar buka puasa bersama (Bukber) dengan jajaran anggota dan para pendonor darah di lapangan UDD PMI Kota Tangerang, kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Jumat (16/6/2017).

Kuswarsa mengatakan, bukber ini merupakan kegiatan rutin PMI yang kerap digelar setiap bulan Ramadan, yang diikuti oleh jajaran anggota seperti pengurus dan relawan. Selain itu juga diikuti oleh para pendonor aktif di PMI. “Selain meningkatkan kekompakan dan keakraban, kita juga sosialisasikan program-program PMI,” katanya.

Dia menyampaikan, di bulan puasa ini, jumlah pendonor darah mengalami penurunan dibanding hari biasa. Karena itu, pihaknya melakukan upaya dengan memenuhi stok darah sebanyak 6200 kantong sejak sebelum puasa.

“Jauh-jauh hari kita kejar target 6200 kantong untuk bisa memenuhi kebutuhan darah hingga lebaran, karena saat puasa, masyarakat enggan mendonorkan darahnya, biasanya alasannya karena takut lemas,” katanya.

Selain itu, PMI Kota Tangerang juga gencar jemput bola melayani pendonor usai jam berbuka puasa. Pihaknya menerjunkan mobil donor PMI di sejumlah tempat seperti Masjid dan Mall. “Darah tetap harus kita stok, karena kita tidak hanya melayani kebutuhan darah untuk Kota Tangerang saja, tapi juga Banten dan DKI Jakarta,” jelas Kuswarsa.

Kuswarsa menambahkan, saat ini PMI juga tengah membentuk struktur di tingkat kecamatan. Dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang, sudah enam kecamatan yang terbentuk diantaranya Larangan, Karang Tengah, Neglasari, Benda, Batu Ceper dan Jatuwung.

“PMI Kecamatan ini untuk mendukung program kemanusiaan PMI Kota. Kita targetkan bulan Juli 2017 seluruhnya sudah terbentuk,” paparnya.

Kuswarsa juga menyampaikan tentang kondisi kantor PMI yang dinilai sudah tidak resprentatif untuk melaksanakan berbagai kegiatan, terutama untuk mengolah darah.

“Unit donor darah kita baru terbentuk tahun 2006, perjalanan belum lama, tapi seiring perjalanan itu mulai tahun 2010 PMI sudah digenjot untuk memenuhi kebutuhan darah hingga ke Banten dan DKI Jakarta. Karena itu kita butuh gedung yang lebih baik,” katanya.

Sementara Wali Kota Tangerang Arief R Wismanyah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kinerja PMI Kota Tangerang dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat.

”Saya sangat berterimakasih kepada PMI yang terus mengawal kebutuhan darah. Saya berharap semangat dan kepedulian PMI dan para pendonor terus ditumbuh kembangkan,” jelasnya.

Arief juga akan mengakomodir kebutuhan PMI untuk mendapat fasilitas yang lebih baik. Karena itu direncanakan tahun depan, Pemkot Tangerang akan merelokasi Kantor PMI ke tempat yang lebih besar dan nyaman.

“Kemarin kita sudah gagas kantor PMI mau kita relokasi. Sudah survei maunya dekat RSUD Kota Tangerang di tanah bekas kantor Kecamatan Tangerang. Ya doakan biar tahun depan mulai terwujud,” ujarnya.

Untuk diketahui kegiatan yang didukung oleh PT Fresenius Kabi diikuti sekitar 200 orang dari anggota PMI dan pendonor naik darah merah maupun darah putih (Apheresis).

 

TANGSEL
Marak Kabel Optik Menjuntai di 5 Ruas Jalan Tangsel, Bakal Dipindahkan ke Bawah Tanah

Marak Kabel Optik Menjuntai di 5 Ruas Jalan Tangsel, Bakal Dipindahkan ke Bawah Tanah

Jumat, 19 April 2024 | 01:31

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Selatan) akan merapihkan kabel-kabel menjuntai di lima ruas jalan.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill