Connect With Us

Soal Smart City, Ini Kata Wali Kota

Advertorial | Senin, 7 Agustus 2017 | 18:00

Wali Kota Arief R. Wismansyah saat membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan Mastel Plan Kota Tangerang menuju Smart City 2017 yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah, Senin (07/07). (@TangerangNews2017 / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Perkembangan teknologi informasi harus disikapi dengan cerdas, terutama oleh aparat selaku pemangku kebijakan.

"Dunia semakin cepat berubah dan kita harus mampu menyikapi ini semua terutama terkait dengan pelayanan publik," ujar Wali Kota Arief R. Wismansyah saat membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan Mastel Plan Kota Tangerang menuju Smart City 2017 yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah, Senin (07/07).

Arief

Konsep Smart City, lanjut Wali Kota menuntut adanya perubahan mindset tidak hanya dari masyarakat namun yang lebih utama adalah para pejabat dan aparat di lingkup Pemkot Tangerang.

"Bukan hanya kotanya yang harus cerdas kita pejabatnya yang harus kudu cerdas," tegasnya.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa kedepan, pengembangan Smart City di Kota Tangerang harus bertumpu pada efektifitas pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi geo spasial. Sehingga diharapkan dengan penetrasi teknologi informasi yang lebih canggih, setiap program pembangunan bisa berjalan tepat sasaran dan lebih efektif dan efisien.

"Pengembangan Smart city di Kota Tangerang terbagi dalam tiga tahapan, pertama Smart City 1.0 dimana kita mengintegrasikan setiap aplikasi pelayanan yang telah terbangun, kemudian disusul dengan Smart City 2.0 dimana program kita cerdas kita terfokus untuk peningkatan pelayanan publik, dan saat ini kita sedang mengembangkan smart city 3.0 yang memanfaatkan teknologi geo spasial sehingga pelayanan publik yang kita lakukan bisa tepat sasaran," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota juga melantik 6 (enam) pejabat yang menduduki jabatan yang berbeda antara lain Asmuni Ilyas Direktur Forum Tanggung Jawab Sosial (CSR), kemudian Mulyanto dilantik sebagai sekertaris Forum CSR, dan Didin Sabarudin dilantik sebagai Bendahara Forum CSR.

Selanjutnya Nanang Hernawan dilantik menjadi Direktur PT. TNG, holding company milik pemkot Tangerang. Kemudian dr. Liza Puspa Dewi dilantik sebagai Dewan Pengawas RSUD, terakhir Agus Sugiyono yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dilantik sebagai Dewan Pengawas PD Pasar.

ARIEF

Dalam arahannya, Wali Kota berharap agar para pejabat yang dilantik bisa mengemban tugas dengan sebaik-baiknya Deki kesejahteraan masyarakat.

"Agar bergerak lebih cepat mengadopsi kebutuhan masyarakat Kota Tangerang," ucapnya.

"Ini kerja sosial dan ibadah untuk kemajuan masyarakat Kota Tangerang," pesannya kepada para pejabatal Forum CSR yang dilantik.

Secara khusus Wali Kota juga berharap agar pejabat PT. TNG yang baru dilantik bisa menangkap peluang usaha yang ada untuk peningkatan pendapatan daerah yang ujungnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Terkait pengelolaan PLTSA mungkin nanti PT. TNG bisa mengoptimalkan demi kesejahteraan masyarakat,"

"Belum lagi peluang pengembangan smart city yang membuka peluang besar terutama terkait infrastrukturnya dan peluang ini harus ditangkap dengan cerdas. Dan juga terkait kebijakan cashless money dimana kedepan setiap transaksi tidak lagi menggunakan uang, makanya kita lagi mempersiapkan Tangerang Pay untuk transaksi yang terkait dengan pemerintah seperti pembayaran PBB dan Retribusi, termasuk honor pegawai sehingga tidak ada lagi penyelewengan karena semua transaksi terekam," terangnya.(ADV)

TANGSEL
Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Jumat, 19 April 2024 | 14:18

Wacana pembangunan rute MRT tembus hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dibuka.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill