Connect With Us

Air Bersih Baru Dinikmati 28 Persen Warga Kota Tangerang, PDAM Kebut Pemasangan Pipa

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 16 Agustus 2017 | 17:00

PDAM TB Kota Tangerang tengah memasang pipa di Jalan Maulana Hasanudin, Kecamatan Cipondoh, Minggu (23/7/2017). (@TangerangNews2017 / Dira Derby)

TANGERANGNEWS.com-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang tengah mengebut pengerjaan perluasan jalur pipa untuk akses air bersih. Ditargetkan jaringan pipa sepanjang 600 kilometer telah selesai hingga akhir 2017 agar bisa melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat di  zona satu, yakni Kecamatan Neglasari, Benda, Batu Ceper, Cipondoh, dan sebagian Kecamatan Tangerang.

“Targetnya tahun ini jaringan di zona satu selesai pada akhir 2017. Jadi kita kebut semua pengerjaan perluasan jalur pipa, dari pipa-pipa besar sampai pipa-pipa kecil, untuk akses air bersih,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Benteng Sumarya, Rabu (16/8/2017).

Dia mengungkapkan, ada tiga zona untuk pemasangan jalur pipa akses air bersih di total 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Untuk zona dua yang mencakup Kecamatan Jatiuwung, Periuk, Karawaci, Cibodas dan zona tiga yang mencakup Kecamatan Ciledug, Larangan, Pinang, dan Karang Tengah baru masuk tahap kajian untuk tahun ini.

Rencananya, semua kajian itu akan dirampungkan hingga akhir tahun 2017 dan pada awal 2018 sudah bisa mulai pengerjaan pemasangan jalur pipa air bersih.

“Salah satu hal yang sedang dikerjakan untuk mempercepat perluasan akses air bersih adalah dengan mendata warga mana saja yang belum mendapatkan layanan tersebut, dengan menerjunkan sejumlah petugas ke kecamatan tertentu setiap pekan,” katanya.

Sementara Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, saat ini dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang,  akses air bersih baru bisa melayani 28 persennya saja. Adapun yang baru bisa mengakses air bersih sampai sekarang itu hanya di Kecamatan Neglasari, Benda, Batu Ceper, Cipondoh, Tangerang, Karawaci, Cibodas, dan sebagian Jatiuwung.

“Lima kecamatan lainnya masih memanfaatkan air tanah,” katanya.

Meski begitu, Arief memastikan pihaknya sudah meminta PDAM Tirta Benteng untuk memperluas jaringan perpipaan agar warga di lima kecamatan itu bisa mendapat akses air bersih secara maksimal.

"Perluasan jaringan pipa ada di zona dua, mencakup Periuk, Pinang, Larangan, Ciledug, dan Karang Tengah. Ada jaringan pipa kecil banget baru 4.000 sambungan, padahal penduduknya sudah hampir 800.000 jiwa," tutur Arief.(RAZ)

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill