Connect With Us

Kota Tangerang Segera Miliki Laboratorium Halal

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:00

UPT Laboratorium Terpadu Kota Tangerang Gedung Labkesda yang berada di komplek Masjid Raya Al Azhom, Rabu (11/10/2017). (@TangerangNews2017 / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Akhir tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan memiliki Gedung Laboratorium Daerah (Labkesda) baru yang rencananya juga akan dilengkapi dengan Laboratorium Halal.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sempat meninjau langsung progres pembangunan Gedung Labkesda yang berada di komplek Masjid Raya Al Azhom, Rabu (11/10/2017).

BACA JUGA : Bupati Tangerang Kunjungi Destinasi Wisata Halal

Menurutnya, Gedung Labkesda tersebut direncanakan akan beroperasi di akhir tahun ini. "Mudah-mudahan di November atau Desember bisa beroperasi," ujarnya.

Ditambahkannya, gedung dua lantai tersebut selain berfungsi sebagai Laboratorium yang melayani pemeriksaan standar, nantinya juga akan difungsikan sebagai Laboratorium Halal layaknya Laboratorium Halal milik MUI pusat.

“Selama ini kan antrean di Lab Halal punya MUI itu banyak banget perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi halal. Kalau ada di Kota Tangerang ini akan jauh lebih mudah aksesnya,” katanya.

Lab Halal, lanjut Arief, bisa digunakan untuk proses sertifikasi hasil olahan pangan yang diproduksi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Sehingga bisa membantu menggerakkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Tangerang,” sambungnya.

Sementata itu, Kepala UPTD Labkesda Kota Tangerang dr. Lulik mengatakan, Gedung Labkesda yang berada di Komplek Masjid Raya Al Azhom tersebut terdiri dari 3 jenis laboratorium, yaitu Laboratorium klinik, Laboratorium makanan dan minuman serta Laboratorium lingkungan.

BACA JUGA : Arief Berencana Kurangi Lampu Merah di Kota Tangerang

"Karena alat laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang berfungsi sebagai penganalisa kehalalan suatu produk, baru dianggarkan di tahun 2018, jadi mungkin untuk Laboratorium Halalnya baru bisa beroperasi di tahun 2018, " terangnya.

Namun dia menyampaikan bahwa untuk operasionalnya Gedung Labkesda baru tersebut akan beroperasi akhir tahun ini, dan dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan uji fungsi, set up ruangan, pelatihan dan pendukung operasionalnya.

“Kita mulai bergerak awal November, kita sudah bisa membuka layanan kepada masyarakat. Kedepannya akan ada pengembangan hingga 95 pemeriksaan yang bisa dilaksanakan di labkesda kota Tangerang, termasuk didalamnya pengembangan utk pemeriksaan udara, kebisingan dan pencahayaan," paparnya.(RAZ/HRU)

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill