Connect With Us

Lurah Tanah Tinggi, H. Syuhada Abduh, Mengabdi Untuk Negeri dengan Rendah Hati

| Rabu, 10 Februari 2010 | 20:29

Lurah Tanah Tinggi Syuhada Abduh (tangerangnews / dedi)


TANGERANGNEWS-Menjadi seorang pemimpin sejati yang dicintai oleh rakyat tentulah tidak mudah. Terlebih bila harus memimpin daerah yang padat penduduk dan rawan tindak kriminalitas. Karena selain harus bersikap adil, pemimpin sejati juga harus mampu berlaku jujur, amanah sekaligus tegas.

Di Kota Tangerang, Kelurahan Tanah Tinggi yang memiliki luas wilayah 180 hektar dengan penduduk penduduk sebanyak 24.477 jiwa ini adalah salah satu wilayah yang masuk kategori rawan tindak kejahatan. Maklum, selain memiliki pasar terbesar di Kota Tangerang (Pasar Induk Tanah Tinggi), wilayah ini juga bersebelahan dengan Terminal Poris Plawad.

Hingga, bisa dimaklumi bila kawasan ini disinggahi banyak kaum pendatang (perantau-red) dengan beraneka ragam adat dan budaya.  Dengan karakter wilayah yang boleh dibilang “keras” itu, tak salah kiranya bila kawasan Kelurahan Tanah Tinggi membutuhkan figure pemimpin yang mumpuni dalam banyak hal. Hingga keberadaannya mampu mempersatukan keanekaragaman ditengah masyarakatnya.

Meski sulit kiranya mencari sosok pemimpin sejati nan sempurna, namun setidaknya Kelurahan Tanah Tinggi saat ini memiliki sosok pemimpin yang berdedikasi tinggi. Dia adalah H. Syuhada Abduh, pria kelahiran Tangerang, 51 tahun lalu atau tepatnya 1 Oktober 1959.

Meski baru 6 bulan menjabat sebagai orang nomor satu di Kelurahan Tanah Tinggi, namun sepak terjangnya tak perlu diragukan lagi. Yang terbersit dalam benaknya cuma satu, yakni mensukseskan program yang telah dicanangkan oleh pimpinannya, Wali Kota Tangerang, H. Wahidin Halim.

Berbekal dedikasi tinggi dibalut misi jihad dijalan Allah, H. Syuhadapun sukses menjalankan roda pemerintahan dalam bentuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.
“Caranya adalah dengan tetap mengedepankan sikap rendah hati dan murah senyum. Dengan pola itu, saya bisa mengetahui apa keinginan warga sekaligus warga juga mengetahui apa keinginan pemerintah,” ujar H. Syuhada Abduh saat disambangi TANGERANGNEWS di kantornya belum lama ini.

Menurut H. Syuhada Abduh, semua yang dilakukannya bertujuan membantu efektifitas kinerja Pemerintah Kota, seperti memotifasi program lingkungan ditingkat RT dan RW, membentuk Karang Taruna, menggalakkan keamanan hingga membangun Pos Yandu ditengah-tengah lingkungan masyarakat.

Namun tentunya, sukses yang kini diraih bukan serta-merta hasil kerja keras H. Syuhada Abduh seorang. Melainkan juga tak lepas dari peran serta istrinya, Nyi. Raden Komariah, yang juga gencar menggalakkan program PKK.

“Lewat bantuan ibu-ibu PKK, sejumlah program lainnya kini juga bisa berjalan optimal. Mulai dari menggelar pengajian bagi para kader PKK, kegiatan senam jantung dan aerobic, Jumat bersih hingga membentuk Desa Wisma di setiap RW. Semua itu dilakukan secara rutin dan berkala,” ujarnya.

H. Syuhada Abduh berharap, kedepan dirinya bisa benar-benar maksimal melayani masyarakat diwilayahnya. Mampu meningkatkan SDM masyarakatnya, sekaligus memberangus angka kemiskinan yang kini masih mencapai 474 jiwa. “Saya ingin mengabdi untuk masyarakat Tanah Tinggi. Memberikan banyak kesempatan dan peluang, hingga tak ada lagi kemiskinan ditengah masyarakat<” ujarnya bersemangat.
 
Riwayat Karier
 
Posisi sebagai orang nomor satu di Kelurahan Tanah Tinggi, kiranya tidak serta-merta membuat H.Syahuda Abduh menjadi sombong. Apalagi tinggi hati. Sebaliknya, jabatan yang kini diemban justru membuatnya menjadi semakin rendah diri.

Semua itu dikarenakan, posisi yang dijabatnya sekarang ini tidak didapatkan dengan serta-merta. Melainkan telah melewati proses panjang dan cukup menyita waktu. Enam bulan sebelum menjabat sebagai Lurah Tanah Tinggi, H. Syuhada Abduh terlebih dahulu telah digembleng dengan menduduki posisi sebagai Sekertaris Kelurahan (Sekel).

Posisi itu bahkan sudah dijabatnya sejak Tahun 2003 lalu, setelah sebelumnya sempat menduduki posisi staf kelurahan selama satu bulan. Untuk diketahui, sebelum hijrah ke Kelurahan Sukasari, karier H. Syuhada Abduh adalah pegawai di Departemen Penerangan selama enam tahun.

Setelah masa transisi penyerahan Departemen Penerangan kepada departemen Dalam Negri pada tahun 1997 sampai 1998, H. Syuhada Abduh kemudian ditempatkan di Kecamatan Benda, sebagai Staf Ekbang selama empat tahun. Dan, setelah masa itulah kariernya di Kelurahan Sukasari dimulai hingga sekarang.

H. Syuhada Abduh kiranya tak cuma aktif di lingkup pemerintahan saja. Sederet kesibukan di organisasi non pemerintah juga sempat mengisi waktu luangnya. Seperti, anggota AMPI (1987), Penyuluh Informasi Masyarakat dan Pembangunan di LKMD (1987) hingga aktif sebagai simpatisan Partai Golkar pada tahun 1990.

“Selain mengabdi untuk pemerintah, sebelumnya saya juga aktif di sejumlah organisasi non pemerintah. Meski hanya sekedar hobby sekaligus mengisi waktu luang, namun aktivitas di sejumlah organisasi saya lakoni dengan suka cita,” ujar bapak dari Irfan Dhiya Ulhaq (24), Suci Fitriyanti Faridoh (23) dan Fauziti Nupus (17) itu lagi.(adv/dedy/roedy pg)
 
­­

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill