Connect With Us

Antisipasi Pohon Tumbang, Disbudpar Tangerang Periksa 20 Pohon

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 25 Oktober 2017 | 18:00

| Dibaca : 806

Dinas Budaya & Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang melakukan pemeriksaan terhadap pohon yang sudah berusia tua di Kota Tangerang. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com- Sejumlah pohon yang sudah berusia tua di Kota Tangerang akan diperiksa Dinas Budaya & Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang. Pemeriksaan tersebut karena dikhawatirkan rawan tumbang, yang tentunya akan mengancam keselamatan masyarakat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Disbudpar Kota Tangerang melakukan sebuah inovasi dengan pengecekan berkala pada pohon-pohon yang sudah berusia tua yang berpotensi akan tumbang.

Staff Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang, Syarif mengatakan, bahwa Disbupar sedang melakukan pengujian pada 20 pohon  berpotensi tumbang di Kota Tangerang.

Sebanyak 20 pohon tersebut diantaranya terletak di Tugu Adipura, Cikokol, Pespemkot, Kecamatan Tangerang, Neglasari, Alun-alun dan dibeberapa titik pohon rawan tumbang.

"Tahun ini, kami dari Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang mencoba melakukan sebuah inovasi, melakukan pengecekan pada pohon-pohon yang berpotensi tumbang dengan sebuah alat yang kami sebut Sonic Tomography," kata Syarif,Rabu (25/10/2017).

Dengan menggunakan Sonic Tomography, lanjut Syarif, penggunaannya sangat mudah yakni cukup dengan menancapkan delapan paku pada pohon yang berusia tua yang akan tersambung pada alat, kemudian akan muncul di layar monitor (laptop) kode dan warna yang menandakan bahwa pohon dalam keadaan baik atau buruk.

"Kalau muncul merah berarti menandakan pohon tidak sehat dan rawan tumbang, kalau hijau berarti pohon kondisinya sangat baik", tambah Syarif.

Disbudpar Kota Tangerang berharap, inovasi pengujian pohon dengan Sonic Tomography ini dapat mengurangi resiko tumbangnya pohon,  serta memberi rasa aman pada masyarakat dan tak lupa tetap menjaga keasrian kota ini.(DBI/HRU)

SPORT
Ternyata ini Makna Filosofi Logo Baru Persita

Ternyata ini Makna Filosofi Logo Baru Persita

Rabu, 26 Februari 2020 | 18:04

TANGERANGNEWS.com-Selama 66 tahun berkiprah, Persita untuk pertama kalinya merubah logo klub kebanggaan masyarakat Tangerang tersebut. Logo tersebut pertama kali diperkenalkan ke publik, Rabu (26/2/2020)

TEKNO
Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Rabu, 22 Januari 2020 | 11:02

TANGERANGNEWS.com-TNI Angkatan Udara memberikan penghargaan kepada Haerul, 33, perakit pesawat dengan bahan bekas yang sempat viral

BANTEN
Polisi Kumpulkan Pelaku Industri-Pengusaha Bahas Iklim Investasi di Cilegon

Polisi Kumpulkan Pelaku Industri-Pengusaha Bahas Iklim Investasi di Cilegon

Rabu, 26 Februari 2020 | 16:44

TANGERANGNEWS.com-Polres Cilegon mengumpulkan para pelaku industri hingga pengusaha di Cilegon, Banten. Polisi tak ingin investasi yang masuk ke Cilegon terganggu

OPINI
Mendambakan Keadilan Sosial

Mendambakan Keadilan Sosial

Rabu, 26 Februari 2020 | 21:41

TANGERANGNEWS.com-OLEH: Jaya Suprana

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt