Connect With Us

Antisipasi Pohon Tumbang, Disbudpar Tangerang Periksa 20 Pohon

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 25 Oktober 2017 | 18:00

Dinas Budaya & Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang melakukan pemeriksaan terhadap pohon yang sudah berusia tua di Kota Tangerang. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com- Sejumlah pohon yang sudah berusia tua di Kota Tangerang akan diperiksa Dinas Budaya & Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang. Pemeriksaan tersebut karena dikhawatirkan rawan tumbang, yang tentunya akan mengancam keselamatan masyarakat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Disbudpar Kota Tangerang melakukan sebuah inovasi dengan pengecekan berkala pada pohon-pohon yang sudah berusia tua yang berpotensi akan tumbang.

Staff Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang, Syarif mengatakan, bahwa Disbupar sedang melakukan pengujian pada 20 pohon  berpotensi tumbang di Kota Tangerang.

Sebanyak 20 pohon tersebut diantaranya terletak di Tugu Adipura, Cikokol, Pespemkot, Kecamatan Tangerang, Neglasari, Alun-alun dan dibeberapa titik pohon rawan tumbang.

"Tahun ini, kami dari Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang mencoba melakukan sebuah inovasi, melakukan pengecekan pada pohon-pohon yang berpotensi tumbang dengan sebuah alat yang kami sebut Sonic Tomography," kata Syarif,Rabu (25/10/2017).

Dengan menggunakan Sonic Tomography, lanjut Syarif, penggunaannya sangat mudah yakni cukup dengan menancapkan delapan paku pada pohon yang berusia tua yang akan tersambung pada alat, kemudian akan muncul di layar monitor (laptop) kode dan warna yang menandakan bahwa pohon dalam keadaan baik atau buruk.

"Kalau muncul merah berarti menandakan pohon tidak sehat dan rawan tumbang, kalau hijau berarti pohon kondisinya sangat baik", tambah Syarif.

Disbudpar Kota Tangerang berharap, inovasi pengujian pohon dengan Sonic Tomography ini dapat mengurangi resiko tumbangnya pohon,  serta memberi rasa aman pada masyarakat dan tak lupa tetap menjaga keasrian kota ini.(DBI/HRU)

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill