Connect With Us

Warga Tangerang & Bandara Soekarno-Hatta Ketergantungan Pada Sungai Cisadane

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 9 November 2017 | 19:00

Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Sungai Cisadane menjadi salah satu sumber kebutuhan pokok bagi manusia. Karenanya warga Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pun sangat ketergantungan pada air sungai Cisadane untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya, didalam acara Coffee Morning, yang digelar di Taman Flying Deck Cisadane, Babakan, Kota Tangerang, Kamis (09/11/2017).

"Dalam membahas Cisadane, PDAM ini selaku user. Bandara Soetta dan masyarakat Tangerang memakai jasa kami dalam pengelolaan air. Air bakunya itu diambil dari Cisadane. Kita harus bangga, karena orang-orang luar negeri itu di Bandara menggunakan air dari sungai Cisadane ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, eksistensi sungai Cisadane ini sangat banyak manfaatnya. Bahkan pada tahun 1965 air Cisadane bisa langsung diminum tanpa harus diolah lagi.

"Air merupakan kebutuhan pokok nomor dua setelah udara. 70 persen di dalam tubuh manusia pun terkandung air di dalamnya," ucapnya.

Menurutnya masyarakat menggantungkan hidupnya pada Sungai Cisadane. Sumarya menyebut pihaknya saat ini sudah melayani 41.000 pelanggannya.

"Total sekitar ada 200.000 orang tergantung melalui PDAM Tangerang, masih juga banyak yang lain," kata dia.

Pasalnya, perusahaan minum lainnya juga mengambil air baku dari sungai Cisadane. Termasuk Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, dan Bogor.

"Maka dari itu kelestarian Sungai Cisadane harus dijaga. Jangan buang sampah sembarangan. Apa lagi saat ini banyak limbah-limbah," imbuhnya.(RAZ/HRU)
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill