Connect With Us

Warga Tangerang & Bandara Soekarno-Hatta Ketergantungan Pada Sungai Cisadane

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 9 November 2017 | 19:00

| Dibaca : 1081

Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Sungai Cisadane menjadi salah satu sumber kebutuhan pokok bagi manusia. Karenanya warga Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pun sangat ketergantungan pada air sungai Cisadane untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya, didalam acara Coffee Morning, yang digelar di Taman Flying Deck Cisadane, Babakan, Kota Tangerang, Kamis (09/11/2017).

"Dalam membahas Cisadane, PDAM ini selaku user. Bandara Soetta dan masyarakat Tangerang memakai jasa kami dalam pengelolaan air. Air bakunya itu diambil dari Cisadane. Kita harus bangga, karena orang-orang luar negeri itu di Bandara menggunakan air dari sungai Cisadane ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, eksistensi sungai Cisadane ini sangat banyak manfaatnya. Bahkan pada tahun 1965 air Cisadane bisa langsung diminum tanpa harus diolah lagi.

"Air merupakan kebutuhan pokok nomor dua setelah udara. 70 persen di dalam tubuh manusia pun terkandung air di dalamnya," ucapnya.

Menurutnya masyarakat menggantungkan hidupnya pada Sungai Cisadane. Sumarya menyebut pihaknya saat ini sudah melayani 41.000 pelanggannya.

"Total sekitar ada 200.000 orang tergantung melalui PDAM Tangerang, masih juga banyak yang lain," kata dia.

Pasalnya, perusahaan minum lainnya juga mengambil air baku dari sungai Cisadane. Termasuk Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, dan Bogor.

"Maka dari itu kelestarian Sungai Cisadane harus dijaga. Jangan buang sampah sembarangan. Apa lagi saat ini banyak limbah-limbah," imbuhnya.(RAZ/HRU)

MANCANEGARA
Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Jumat, 23 Maret 2018 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Demi alasan kebugaran, seseorang akan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Yang jelas harus ada kandungan karbohidrat, protein dan serat. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang kakek di India sangatlah beda.

TANGSEL
Gara-gara Saling Pandang, Pemuda di Ciputat Dibacok

Gara-gara Saling Pandang, Pemuda di Ciputat Dibacok

Selasa, 19 Juni 2018 | 15:02

TANGERANGNEWS.com-Seorang pemuda bernama Randi Saptianto, 23, dikeroyok oleh tiga orang lelaki bersenjata clurit di Gang Sukma III, Jalan Aria

OPINI
Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Rabu, 4 April 2018 | 12:00

Kondisi iklim yang semakin hari mengalami perubahan tidak menentu akibat adanya proses pemanasan global membuat bumi bekerja semakin keras. Masyarakat dunia memiliki peran besar terhadap perubahan iklim yang terjadi.

BANTEN
Samawi Akan Bentengi Jokowi dari Kampanye Hitam di Banten

Samawi Akan Bentengi Jokowi dari Kampanye Hitam di Banten

Minggu, 10 Juni 2018 | 00:38

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah warga yang menamakan dirinya Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) menyatakan akan menjadi kelompok yang

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya