Connect With Us

Warga Tangerang & Bandara Soekarno-Hatta Ketergantungan Pada Sungai Cisadane

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 9 November 2017 | 19:00

| Dibaca : 1125

Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya. (@TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com - Sungai Cisadane menjadi salah satu sumber kebutuhan pokok bagi manusia. Karenanya warga Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pun sangat ketergantungan pada air sungai Cisadane untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Dirut PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Sumarya, didalam acara Coffee Morning, yang digelar di Taman Flying Deck Cisadane, Babakan, Kota Tangerang, Kamis (09/11/2017).

"Dalam membahas Cisadane, PDAM ini selaku user. Bandara Soetta dan masyarakat Tangerang memakai jasa kami dalam pengelolaan air. Air bakunya itu diambil dari Cisadane. Kita harus bangga, karena orang-orang luar negeri itu di Bandara menggunakan air dari sungai Cisadane ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, eksistensi sungai Cisadane ini sangat banyak manfaatnya. Bahkan pada tahun 1965 air Cisadane bisa langsung diminum tanpa harus diolah lagi.

"Air merupakan kebutuhan pokok nomor dua setelah udara. 70 persen di dalam tubuh manusia pun terkandung air di dalamnya," ucapnya.

Menurutnya masyarakat menggantungkan hidupnya pada Sungai Cisadane. Sumarya menyebut pihaknya saat ini sudah melayani 41.000 pelanggannya.

"Total sekitar ada 200.000 orang tergantung melalui PDAM Tangerang, masih juga banyak yang lain," kata dia.

Pasalnya, perusahaan minum lainnya juga mengambil air baku dari sungai Cisadane. Termasuk Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, dan Bogor.

"Maka dari itu kelestarian Sungai Cisadane harus dijaga. Jangan buang sampah sembarangan. Apa lagi saat ini banyak limbah-limbah," imbuhnya.(RAZ/HRU)

SPORT
Laga Kandang Persita vs Semen Padang Berakhir Imbang

Laga Kandang Persita vs Semen Padang Berakhir Imbang

Rabu, 5 September 2018 | 19:11

Laga Kandang Persita vs Semen Padang Berakhir Imbang

BISNIS
Math Coffee and Resto, Kafenya Advokat di Tangerang

Math Coffee and Resto, Kafenya Advokat di Tangerang

Sabtu, 1 September 2018 | 15:31

TANGERANGNEWS.com-Bisnis kafe di Kota Tangerang sudah menjamur. Tentunya bisnis ini sudah diisi banyak pemain yang berkelas

MANCANEGARA
Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Senin, 16 Juli 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita diperkosa dan dibakar hidup-hidup hingga tewas oleh sekelompok pria di India. Dari lima pelaku, dua diantaranya telah ditangkap kepolisian setempat.

OPINI
Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Rabu, 18 Juli 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Anak saya yang baru menapaki usia lima tahun terpesona tayangan di sebuah televisi swasta. Di usia yang belum dapat menggunakan nalar sebagai kelengkapan berfikir itu, ia justru telah hapal slogan yang

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie