Connect With Us

15 Parpol Kota Tangerang Lolos Verifikasi Faktual

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 2 Februari 2018 | 19:00

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane, saat menyampaikan hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019, Jumat (2/2/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 15 Partai Politik (Parpol) Calon Peserta Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kota Tangerang dinyatakan lolos secara administrasi maupun faktual. Namun 1 Parpol lainnya masih harus melakukan perbaikan.

Data hasil verifikasi yang dilakukan KPU Kota Tangerang sepanjang masa verifikasi faktual, baik sebelum putusan Bawaslu, maupun Putusan Mahkamah Konstitusi (MK), 15 Parpol yang diverifikasi tersebut memenuhi ketentuan syarat sebagai calon peserta Pemilu 2019.

BACA JUGA:

Adapun 15 Parpol dimaksud adalah, Partai Perindo, lolos sebelum putusan MK. Dan sisanya sebanyak 14 Parpol, antara lain, PDI-P, Gerindra, Golkar, PAN, NASDEM, PPP, PKB, PKS, PKPI, Garuda, Berkarya, PSI, PHanura dan Demokrat dinyatakan lolos pasca keluarnya putusan MK.

"Satu Parpol yakni Perindo sudah lolos sebelum putusan MK. Sedang 15 Parpol yang harus diverifikasi pasca Putusan MK, hanya 14 Parpol yang dinyatakan lolos usai diverifikasi sejak 31 Januari-1 Februari lalu. Sedang Partai Bulan Bintang (PBB) belum lolos dan harus melakukan perbaikan," kata Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane, Jumat (2/2/2018).

Menurut Sanusi, hasil verifikasi Parpol akan diserahkan kepada masing-masing Parpol yang sudah diverifikasi.

"Kalau PBB masih harus melakukan perbaikan mulai 3-5 Februari mendatang. Kemudian hasil perbaikannya akan kami verifikasi kembali pada tanggal 6 Februari," ujarnya.

Parpol yang dinyatakan lolos ini, adalah Parpol yang sudah memenuhi syarat keberadaan kantor, domisili kantor, kepengurusan, 30 persen pengurus perempuan dan terpenuhinya syarat minimum anggota, yakni menimum sebanyak 1.000 orang anggota di Kota Tangerang.

"Semua verifikasi ini diawasi penuh oleh Panwaslu Kota Tangerang. Jadi, kelolosan Parpol ini semata-mata karena sudah memenuhi seluruh persyaratan sesuai PKPU dan aturan yang ada," ungkapnya.

Selanjutnya, berkas Parpol yang dinyatakan lolos tersebut akan disampaikan kepada KPU RI melalui KPU Provinsi Banten.

"Kami berharap semua yang dibebankan kepada KPU atau Parpol terkait dengan proses verifikasi dan proses selanjutnya menuju Pemilu 2019 tetap dijalankan sama baiknya antara Parpol, KPU, dan Panwaslu atas asas taat aturan," paparnya.(RAZ/RGI)

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill