Connect With Us

Jelang Ramadan, Masyarakat Kampung Bekelir Munggahan Bareng

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 13 Mei 2018 | 11:00

| Dibaca : 647

Kegiatan munggahan dan rowahan menjelang puasa yang dilakukan Masyarakat Kampung Bekelir. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Seluruh muslim di dunia termasuk Indonesia sedang bersiap menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

Begitupun di Kota Tangerang. Masyarakat Kampung Bekelir menyambutnya dengan menggelar tradisi munggahan dan rowahan akbar.

Para tokoh masyarakat, alim ulama, ibu-ibu dan pemuda di lingkungan setempat pun duduk bareng.

Mereka berjejeran dengan rapih di sepanjang gang utama kampung warna-warni, Jalan Pemekaran RW 01, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Kegiatan munggahan dan rowahan akbar puasa ini berlangsung seusai Bada Isya yang dimulai dengan tampilan Hadroh dan doa bersama.

Menurut Panitia Kegiatan Syamsul Anwar, tujuan daripada kegiatan munggahan ini untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

Selain itu, Syamsul bertutur, juga untuk menjaga tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik lagi serta melestarikannya.

"Munggahan atau rowahan akbar ini mampu menjadi sebuah tradisi baru yang baik, seperti halnya halal bil halal. Dan warga bisa semangat dalam menyambut bulan puasa," ujarnya kepada TangerangNews.com, Sabtu (12/5/2018) malam.

Munggahan ini, diyakini para warga kampung warna-warni mampu menumbuhkan semangat silaturahim di lingkungannya.

Seusai berdoa, para warga pun munggahan bareng dengan menyantap masakan prasmanan, kue basah, buah dan hidangan lainnya.(RAZ/RGI)

SPORT
Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Hari Bhakti ke-55, Pemasyarakatan Trail Adventure (PASTA) Gelar Bakti Sosial

Senin, 29 April 2019 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Sobat trail mania di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata trabas atau biasa disebut dengan trail adventure, bagi mereka yang mencintai olahraga ekstrem motor trail.

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

BANDARA
Hore, Halal Park Resmi Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Hore, Halal Park Resmi Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Kamis, 23 Mei 2019 | 19:36

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II kembali berinovasi dengan meluncurkan Halal Park sebagai destinasi wisata belanja halal di Plaza Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (23/5/2019).

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)