Connect With Us

Ramadan, Arief & Ratu Isyana Keramas Bareng di Sungai Cisadane

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 14 Mei 2018 | 18:00

Masyarakat Kota Tangerang Tampak sedang keramas bareng di Sungai Cisadane, Kota Tangerang. Terlihat Arief R Wismansyah dan Ratu Isyana Bagoes Oka turut memeriahkan acara yang biasa dihelat untuk menyambut Ramadan, Senin 14 Mei 2018. (@tangerangnews 2018 / Irfan)

TANGERANGNEWS.com-Masyarakat Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, memiliki satu tradisi khusus yang kerap dilakukan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Kebiasaan itu dinamakan 'keramas bareng'.

Puluhan warga melakukan ritual dengan mandi keramas bersama-sama di pinggir sungai Cisadane, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang, Senin (14/5/2018). Peserta ritual mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berbondong-bondong berjalan kaki menuju Sungai Cisadane untuk membersihkan diri sebelum menunaikan ibadah puasa.

 



Masyarakat yang memadati pinggir Sungai Cisadane itu masing-masing telah memegang shampo bungkusan dengan gayung di tangannya. Secara bergantian, peserta ritual melakukan keramas di pinggir sungai. Bahkan ada juga yang saling bergantian membersihkan diri.

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia Isyana Bagoes Oka terlibat langsung dalam kegiatan ritual tersebut. Dia yang ditemani Calon Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah turun langsung ke pinggiran sungai Cisadane.Kedatangan kedua tokoh tersebut tidak sebagai peserta ritual. Melainkan untuk melihat langsung kegiatan ritual yang kerap dilakukan warga setiap tahunnya ini.

 

 

 

Secara bergiliran, keduanya turut memandikan beberapa peserta dengan mengguyurkan air ke tubuhnya yang sudah dihiasi dengan busa shampoo."Saya ingin melihat dan merasakan langsung suasananya karena ini kan suatu kearifan lokal yang harus dijaga masyarakat untuk menjelang bulan suci Ramadan," ujar Isyana.

Menurut Isyana, dengan mengimplementasikan kegiatan keramas bareng tersebut tentu bisa menciptakan nilai-nilai kebersamaan.  "Kita melihat masyarakat berkumpul dan mempraktekkan nilai-nilai kebersamaan solidaritas dan juga saling bertoleransi satu sama lain," ucapnya.

Sementara, Arief menambahkan, pada sepanjang sungai Cisadane yang membentang dari wilayah Kabupaten Bogor hingga bermuara di Kabupaten Tangerang ini hanya warga Kota Tangerang yang memiliki tradisi unik keramas bareng.

"Yang menjadi daya tarik sendiri, kegiatan ini hanya ada di kota Tangerang," kata Arief.   Para warga yang turut mandi keramas bareng dan menceburkan diri ke sungai pun sangatlah mengkhawatirkan. Namun, kecemasan ini hilang karena sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah bersiap siaga melindunginya di lokasi.

"Masyarakat sini sudah biasa. Tapi kekhawatiran dan kewaspadaan perlu dan di sini sudah diantisipasi juga dengan bekerjasama dengan tim dari BPBD," ucap Arief. (DBI)

 

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill