Connect With Us

Tingkatkan Pelayanan Publik, 2 Daerah Adopsi Smart City kota Tangerang

Advertorial | Rabu, 16 Mei 2018 | 18:00

Pemkab Karawang dan Bekasi Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan aplikasi Smart City dengan Pemkot Tangerang. (@TangerangNews.com 2018 / Achmad Irfan Fauzi)



TANGERANGNEWS.com-Tuntutan percepatan dan transparansi pelayanan publik mendorong pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi dengan mengembangkan konsep Smart City. Dan kota Tangerang sebagai kota Metropolitan dinilai telah berhasil mengimplementasikan konsep Smart City di Indonesia, terbukti dari beragamnya prestasi yang diraih oleh pemkot Tangerang di bidang pengembangan Smart City.

Sehingga tidak mengherankan bila banyak instansi pemerintah ingin mengadopsi dan menerapkan aplikasi yang telah dimiliki oleh pemkot Tangerang, tercatat sampai saat ini tidak kurang dari 28 pemda mengadopsi sejumlah aplikasi yang telah dikembangkan pemkot Tangerang. Seperti Pemkab Karawang dan Bekasi yang baru saja menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan aplikasi Smart City dengan Pemkot Tangerang.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Karawang Cellica Nurachadiana dan Pjs Bupati Bekasi Ruddy Gandakusuma, serta dari pemkot Tangerang yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Tabrani debgan disaksikan langsung oleh Pjs Wali Kota M. Yusuf dan Sekda Dadi Budaeri di Ruang Tangerang Live Room (TLR) Puspemkot Tangerang, Rabu (16/5/2018).

Bukan tanpa alasan kedua daerah tersebut memilih aplikasi kota Tangerang sebagai aplikasi yang akan diadopsi di masing-masing pemerintah daerah. Seperti disampaikan Cellica Nurachdiana yang mengaku terkesan dengan berbagai aplikasi yang dimiliki oleh pemkot Tangerang. Menurut Cellica meskipun Karawang berada di Provinsi Jawa Barat yang juga terkenal dengan Smart Citynya terutama di kota Bandung, namun pemkab Karawang merasa sistem Smart City di kota Tangerang lebih cocok untuk diimplementasikan di Karawang.

"Bandung bagus, kota Tangerang juga bagus. Tentunya kami memiliki pertimbangan tersendiri untuk memilih kota Tangerang. Kami datang ke kota Tangerang setelah melakukan berbagai kajian bersama aparatur kami dan yang lebih siap kota Tangerang," jelasnya.

Cellica juga berharap pemkab Karawang bisa mengadopsi 174 aplikasi yang dimiliki oleh pemkot Tangerang, sehingga pemkab Karawang bisa lebih meningkatkan pelayanan publik ke masyarakat dan masyarakat juga bisa merasakat kehadiran pemerintah.

"Kita akan adopsi beberapa aplikasi terkait E-government dan pelayanan publik termasuk pengaduan masyarakat," tuturnya.

Senada dengan Bupati Karawang, Pjs Bupati Bekasi Ruddy Gandakusuma juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat ingin mengadopsi semua aplikasi yang telah dimiliki oleh kota Tangerang.

"Terlebih kota Tangerang dan Bekasi punya kultur yang tidak jauh beda, kita juga sama-sama sebagai daerah penyangga Ibu Kota," terang Ruddy.

"Tadi kita bisa lihat efektifnya pelayanan publik melalui aplikasi yang dikembangkan pemkot Tangerang," sambungnya.

Sebagai informasi penadatanganan MoU tersebut selanjutnya akan ditindaklanjuti melalui penadatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang sifatnya lebih tehnis termasuk detil aplikasi yang akan diadopsi oleh dua daerah tersebut.(RAZ/HRU)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill