Connect With Us

Tidak Mengikat, Pengusaha Tangerang Diminta Tak Khawatir Soal Cuti Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 6 Juni 2018 | 16:00

| Dibaca : 1698

Ilustrasi Cuti Bersama. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Rencana penambahan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pusat mulai 11 - 20 Juni 2018 rupanya tidak perlu dikhawatirkan oleh perusahaan swasta. Dalam pemberlakuan cuti tersebut sifatnya adalah fluktuatif bahwa tidak mengikat pihak swasta.

Kabid Hubungan Industri Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang Sri Suprapti menjelaskan, terkait pemberlakuan cuti bersama, pihaknya telah menerima surat edaran dari Kementerian Ketenaga Kerjaan (Kemenaker) RI yang ditembuskan ke provinsi selanjutnya ke kota maupun kabupaten.

Surat pemberlakuan cuti bersama tersebut termaktub dalam nomor B.70/M. naker/PHIJSK-SES/V/2018 tentang Pelaksanaan Cuti Bersama.

"Kami langsung memberitahukannya melalui group HRD dan supervisor perusahaan se-Kota Tangerang," ujarnya kepada TangerangNews.com, Rabu (6/6/2018).

Menurutnya, ada empat poin dalam surat dalam surat yang diedarkan sebelumnya sudah melalui pertimbangan surat menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan nomor S-160/M.ECON/V/2018. Poin pertama, cuti bersama adalah bagian dari cuti tahunan.

Cuti bersama bagi perusahaan juga bersifat fluktuatif atau bisa dipilih sesuai kesepakatan pihak perusahaan dan buruh dengan mempertimbangkan kondisi dan operasional perusahaan.

"Banyak perusahaan yang mesinnya tidak bisa dimatikan dan harus ada target produksi karena ada pemesanan. Terlebih ada juga perusahaan yang karyawannya non muslim serta berbagai faktor lainnya, itu yang menjadi pertimbangan aturan dalam surat itu," ungkapnya.

Sri menambahkan, bagi pekerja yang mengambil cuti bersama lebaran, maka hak atas cuti tahunan yang diambilnya dapat mengurangi hak cuti tahunan yang tersedia.

"Untuk pekerja yang tetap masuk pada waktu cuti bersama tidak akan mengurangi hak cuti tahunannya," imbuhnya. 

Sri berharap dengan adanya surat edaran itu perusahaan dan pekerja bisa sama-sama membahas bagaimana pelaksanaan cuti bersama sesuai apa yang tercantum.

"Kami harap baik perusahaan maupun pekerja bisa sama-sama menjalankan tanggung jawab dan haknya, tentu sesuai dengan surat edaran yang ada," harapnya.

Sementara Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Banten Maman Nuriman mengatakan, pihaknya akan membuka posco pengaduan di sekretariatnya untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan perusahaan menjelang Lebaran.

"Untuk melayani masalah pencairan THR, masalah cuti karyawah dan berbagai hal lainnya," ungkapnya.(RAZ/RGI)

TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

BANDARA
Gedung Pusat Kendali Operasi Jadi Posko Angleb Soekarno-Hatta 2019

Gedung Pusat Kendali Operasi Jadi Posko Angleb Soekarno-Hatta 2019

Rabu, 22 Mei 2019 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Gedung Pusat Kendali Operasi atau Airport Operation Control Center (AOCC) menjadi Posko Angkutan Lebaran (Angleb) di

KOTA TANGERANG
Keluarga Korban di Batu Ceper Minta Usut Tuntas Pelaku Penembakan

Keluarga Korban di Batu Ceper Minta Usut Tuntas Pelaku Penembakan

Rabu, 22 Mei 2019 | 21:02

TANGERANGNEWS.com-Keluarga korban meminta institusi penegak hukum mengusut tuntas pelaku penembakan yang menewaskan Bahtiar Alamsyah, 23 tahun dalam aksi demo di kawasan Tanah Abang, Jakarta.

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)