Connect With Us

Tidak Mengikat, Pengusaha Tangerang Diminta Tak Khawatir Soal Cuti Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 6 Juni 2018 | 16:00

| Dibaca : 1622

Ilustrasi Cuti Bersama. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Rencana penambahan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pusat mulai 11 - 20 Juni 2018 rupanya tidak perlu dikhawatirkan oleh perusahaan swasta. Dalam pemberlakuan cuti tersebut sifatnya adalah fluktuatif bahwa tidak mengikat pihak swasta.

Kabid Hubungan Industri Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang Sri Suprapti menjelaskan, terkait pemberlakuan cuti bersama, pihaknya telah menerima surat edaran dari Kementerian Ketenaga Kerjaan (Kemenaker) RI yang ditembuskan ke provinsi selanjutnya ke kota maupun kabupaten.

Surat pemberlakuan cuti bersama tersebut termaktub dalam nomor B.70/M. naker/PHIJSK-SES/V/2018 tentang Pelaksanaan Cuti Bersama.

"Kami langsung memberitahukannya melalui group HRD dan supervisor perusahaan se-Kota Tangerang," ujarnya kepada TangerangNews.com, Rabu (6/6/2018).

Menurutnya, ada empat poin dalam surat dalam surat yang diedarkan sebelumnya sudah melalui pertimbangan surat menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan nomor S-160/M.ECON/V/2018. Poin pertama, cuti bersama adalah bagian dari cuti tahunan.

Cuti bersama bagi perusahaan juga bersifat fluktuatif atau bisa dipilih sesuai kesepakatan pihak perusahaan dan buruh dengan mempertimbangkan kondisi dan operasional perusahaan.

"Banyak perusahaan yang mesinnya tidak bisa dimatikan dan harus ada target produksi karena ada pemesanan. Terlebih ada juga perusahaan yang karyawannya non muslim serta berbagai faktor lainnya, itu yang menjadi pertimbangan aturan dalam surat itu," ungkapnya.

Sri menambahkan, bagi pekerja yang mengambil cuti bersama lebaran, maka hak atas cuti tahunan yang diambilnya dapat mengurangi hak cuti tahunan yang tersedia.

"Untuk pekerja yang tetap masuk pada waktu cuti bersama tidak akan mengurangi hak cuti tahunannya," imbuhnya. 

Sri berharap dengan adanya surat edaran itu perusahaan dan pekerja bisa sama-sama membahas bagaimana pelaksanaan cuti bersama sesuai apa yang tercantum.

"Kami harap baik perusahaan maupun pekerja bisa sama-sama menjalankan tanggung jawab dan haknya, tentu sesuai dengan surat edaran yang ada," harapnya.

Sementara Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Banten Maman Nuriman mengatakan, pihaknya akan membuka posco pengaduan di sekretariatnya untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan perusahaan menjelang Lebaran.

"Untuk melayani masalah pencairan THR, masalah cuti karyawah dan berbagai hal lainnya," ungkapnya.(RAZ/RGI)

NASIONAL
Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar Rakernas yang diikuti 1.500 peserta dari tingkat Dewan Perwakilan Wilayah (Provinsi) dan Dewan Perwakilan Daerah (Kabupaten/kota), Kamis (11/10/2018).

TOKOH
Ita Nurhayati, Komisioner KPU Perempuan Pertama di Kabupaten Tangerang

Ita Nurhayati, Komisioner KPU Perempuan Pertama di Kabupaten Tangerang

Senin, 3 September 2018 | 15:22

TANGERANGNEWS.com-Kaum perempuan semakin memantapkan kiprahnya di ruang publik, salah satunya Ita Nurhayati, Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Program dan Data.

WISATA
Menilik Kisah Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang

Menilik Kisah Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang

Rabu, 26 September 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Kalau kamu orang Indonesia asli, pasti sudah nggak asing ya dengan legenda Malin Kundang. Cerita rakyat dari Sumatera Barat ini sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil.

BISNIS
Keuntungan Menggiurkan, Akseleran Sasar Warga Tangerang

Keuntungan Menggiurkan, Akseleran Sasar Warga Tangerang

Rabu, 17 Oktober 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Perkembangan perusahaan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi (fintech peer to peer lending) di Indonesia terus berkembang pesat.

"Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah jadi tetapi berasal dari tindakan kita sendiri"

Tenzin Gyatso