Connect With Us

178 TPS Pilkada Kota Tangerang Rawan, Begini Indikatornya

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 25 Juni 2018 | 13:00

| Dibaca : 578

Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Panwaslu memetakan dari 3.091 tempat pemilihan suara (TPS), 178 TPS di antaranya terbilang rawan dengan berbagai indikator saat Pilkada Kota Tangerang.

Menurut Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim menyebutkan berbagai indikator kerawanan itu, terdapat TPS yang berada di kawasan posko atau rumah tim sukses pasangan calon. 

"Lalu ada TPS yang terdapat pemilih di wilayah khusus misalnya daerah eksodus, daerah yang tidak terjangkau hunian vertikal (rusun dan apartemen), serta konflik wilayah administrasi," ucapnya, Senin (25/6/2018).

Selain itu indikator lainnya adalah pemilih yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Begitupula dengan indikator pemilih yang tidak memenuhi syarat tetapi terdaftar dalam DPT.

"Itu yang menjadi indikator dan pengawasan kami dalam pemetaan TPS yang berpotensi rawan pelanggaran," ujarnya.

Agus mengungkapkan, indikator mengenai aktor politik uang di wilayah TPS juga menjadi fokus pengawasan.

"Bisa saja di wilayah TPS tersebut ada bohir, ada cukongnya dan juga broker," ungkapnya.

Lalu, Agus bertutur ada indikator surat C6 yang tidak didistribusikan kepada pemilih di TPS serta indikator yang terdapat pemilih disabilitas.

Indikator TPS rawan pun terdapat jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di atas 20 pemilih pada satu TPS. Selain itu, indikator praktik pemberian uang atau barang, lalu ada indikator terdapat relawan pasangan calon di wilayah TPS.

"Dan yang terakhir ada indikator ketersediaan logistik di TPS, serta terdapat praktik mempengaruhi pemilih untuk memilih calon tertentu berdasarkan agama, ras dan golongan di sekitar TPS," paparnya.(RAZ/RGI)

SPORT
Denis FC Juarai Turnamen Bina Jaya Cup Tangerang

Denis FC Juarai Turnamen Bina Jaya Cup Tangerang

Minggu, 10 Maret 2019 | 21:00

TANGERANGNEWS.com-Turnamen Sepak Bola Bina Jaya Cup usai digelar. Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, ikut menonton pertandingan Grand Final yang digelar di lapangan sepak bola Latus, Jalan Aria Putra

AYO! TANGERANG CERDAS
Rudiantara Ingin Tiru Silabus Perusahaan Teknologi Asing, Ini Alasannya

Rudiantara Ingin Tiru Silabus Perusahaan Teknologi Asing, Ini Alasannya

Selasa, 12 Maret 2019 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara akan mengadopsi beberapa silabus dari perusahaan global technology di luar negeri untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia.

BISNIS
Unik, Sajian Bakso dengan Kelapa Muda di Nusa Loka

Unik, Sajian Bakso dengan Kelapa Muda di Nusa Loka

Selasa, 19 Februari 2019 | 18:27

TANGERANGNEWS.com-Berbeda dengan bakso pada umumnya, kini ada perpaduan unik yang menyatukan rasa gurih bakso dengan manisnya kelapa

WISATA
Yuk, Bersantai di Waterboom Lippo Cikarang

Yuk, Bersantai di Waterboom Lippo Cikarang

Kamis, 28 Februari 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Waterboom identik dengan permainan air yang memacu adrenalin. Seperti di Waterboom Lippo Cikarang, pengunjung bisa menemukan wahana permainan yang berbeda.

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby