Connect With Us

Curiga Dewan "Bermain", KPK Pantau Langsung PPDB Online di Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 3 Juli 2018 | 16:00

Ketua Tim Korsupgah KPK RI Wilayah 4 Wuryono Prakoso saat diwawancarai awak media, Selasa (3/7/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memantau langsung Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP di Kota Tangerang.

Hal itu dengan datangnya Tim Korsupgah KPK RI Wilayah 4 yang mendatangi ruang Tangerang Live Room (TLR) di Puspemkot Tangerang, Selasa (3/7/2018).

Ketua rombongan KPK, Wuryono Prakoso beserta rombongan berbincang-bincang dengan Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri dan pejabat dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

"Ini tahun kedua kami turun bareng dengan teman-teman Dindik kota Tangerang. Tujuannya karena tahun lalu kota Tangerang relatif tidak banyak isu dalam PPDB online," ujar Wuryono.

Menurutnya,  pelaksanaan PPDB dengan sistem online ini dapat meneguhkan kemampuan Kota Tangerang dalam mengembangkan aplikasi.

Ia menjelaskan, pelaksanaan PPDB ini sangatlah rawan kecurangan. Nepotisme biasanya merajalela saat penerimaan siswa baru.

Ia juga mengaku mendapat berbagai macam aduan di beberapa daerah. Namun, ia tak mau menyebutkan daerah mana saja yang terindikasi dalam nepotisme ini.

"PPDB lagi-lagi ini juga terobosan kalau di beberapa daerah masuk pengaduannya. Saya nggak mau sebut daerahnya. Jujur saja itu dibulan puasa kemarin PPDB online SD contohnya masyarakat pada ngadu," terangnya.

Diakuinya, pihaknya meninjau langsung PPDB online di Kota Tangerang karena mendapat undangan dari pemerintah setempat untuk melihat pelaksanaannya.

"Untuk kami, artinya kalau bersih kenapa harus risih. Dengan keberanian mengundang itu juga bentuk transparansi. Jujur sih kalau kota Tangerang walaupun wilayah kami saya belum dapat kabar aduan," imbuhnya.

Meskipun KPK tidak mendengar aduan mengenai PPDB online di Kota Tangerang, namun KPK mencurigai adanya kecurangan yang dilakukan oleh Anggota DPRD setempat.

"Kalau di kota Tangerang tekanannya lebih banyak dari dewan. Tapi kalau di daerah lain yang bermain kepala sekolah maka akan ada pencopotan jabatan," tegas Wuryono.

Tekanan yang ia maksudkan adalah titip menitip peserta didik baru yang akan masuk ke sekolah negeri saat pelaksanaan PPDB online ini.

Wuryono mencontohkan, porsi untuk siswa difabel dimainkan atau dimanfaatkan kuotanya agar bangkunya itu untuk peserta umum. 

"Biasanya mereka tetap main jadi ada akses buat anak-anak difabel dari kota untuk yang nggak difabel untuk porsi titipan. Jalur prestasi dipakai tapi pas dilacak nggak ada, ini contoh-contoh," tukasnya.(RMI/RGI)

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill