Connect With Us

Partisipasi Pemilih Pilkada Kota Tangerang Tidak Mencapai Target

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 4 Juli 2018 | 17:00

| Dibaca : 741

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane, saat diwawancarai awak media usai kegiatan pleno rekapitulasi penghitungan suara, Rabu (4/7/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Tangerang tidak mencapai target yang diharapkan KPU. KPU Kota Tangerang menargetkan tingkat partisipasi sebesar 78 persen. Namun hasilnya tembus di angka 71 persen.

"Kami akui memang target kami 78 persen namun demikian dengan 71 persen kita sudah mengalami peningkatan 3 persen dari tahun 2017 (Pilgub Banten) lalu," ujar Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane usai kegiatan pleno rekapitulasi penghitungan suara, Rabu (4/7/2018).

Sanusi sebelumnya meyakini bahwa dengan berbagai upaya yang dilakukan pihaknya, tingkat partisipasi pemilih yang dipatoknya dapat tercapai. Namun optimisme itu akhirnya kandas.

"Target partisipasi pemilih cukup tinggi, namun meski hanya sampai 71 persen, paling tidak naik tiga persen dari Pilgub lalu," kilahnya.

Pihaknya mengklaim, angka partisipasi pemilih di Kota Tangerang itu tertinggi pada Pilkada serentak 2018 di Banten. Terlebih, pasangan calon peserta Pilkada di Kota Tangerang hanya diikuti paslon tunggal.

"Se-Banten, partisipasi pemilih kita tertinggi. Juga dengan peserta satu pasangan calon, kita juga masih memperoleh hasil yang maksimal," imbuhnya.

Ia juga berujar, akan berbenah untuk terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih. Evaluasi pun akan dilakukan usai Pilkada ini.

"Tentu kita akan melakukan evaluasi setelah ini.  Bahkan ditingkat PPK dan PPS sudah besok mulai melakukan evaluasi apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita dalam proses menyadarkan masyarakat untuk datang ke TPS. Mudah-mudahan ke depan, tingkat partisipasinya semakin naik," tukasnya.(MRI/RGI)

MANCANEGARA
Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 | 18:05

TANGERANGNEWS.com-Tiongkok mengerahkan staf medis dari seluruh negeri untuk membantu Provinsi Hubei mengendalikan wabah virus corona yang membuat Negeri Tirai Bambu itu kewalahan

OPINI
Merawat Integritas

Merawat Integritas

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:59

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah salah satu Lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia. KPU bersifat nasional, mandiri

TEKNO
Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Rabu, 22 Januari 2020 | 11:02

TANGERANGNEWS.com-TNI Angkatan Udara memberikan penghargaan kepada Haerul, 33, perakit pesawat dengan bahan bekas yang sempat viral

TOKOH
Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:15

TANGERANGNEWS.com-Kisah percintaan Si Doel dalam film 'Akhir Kisah Cinta Si Doel' tentu membuat penasaran pemirsa, tak terkecuali Siti Nur Azizah.

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt