Connect With Us

Parpol Daftarkan Bacaleg di Detik-detik Akhir, Ini Langkah KPU Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 14 Juli 2018 | 12:10

| Dibaca : 466

Kantor KPU Kota Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

 

TANGERANGNEWS.com-KPU Kota Tangerang memprediski partai politik akan mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di detik-detik akhir waktu yang telah ditetapkan, yakni Selasa (17/7/2018). Pasalnya, sejak waktu pendaftaran dibuka, Selasa (4/7/2018) hingga Sabtu (14/7/2018) pagi ini, belum ada satu Parpol pun yang mendaftarakan Bacalegnya.

Penumpukan berkas administrasi pun akan terjadi, karena dari 16 Parpol peserta Pemilu 2019, sekitar 800 Bacaleg di Kota Tangerang akan turut berkontestasi memperebutkan 50 kursi anggota legislastif di DPRD Kota Tangerang.

Mengantisipasi hal itu, KPU Kota Tangerang pun telah menyiapkan strategi untuk mempercepat verifikasi administrasi Bacaleg tersebut.

Dikatakan Komisioner KPU Kota Tangerang, Divisi Keuangan dan Logistik, Nurhalim, pihaknya membentuk empat tim khusus yang bertugas di kantor KPU Kota Tangerang untuk dapat melayani partai politik yang mendaftarkan calonnya.

"Persiapan kita sudah matang sampai kita sudah bentuk tim. Ada empat tim untuk melayani partai politik, di lantai dua sudah oke untuk nantinya mengurus administrasi mereka," ujarnya kepada TangerangNews, Sabtu (14/7/2018).

Nurhalim menjelaskan, tim dibentuk dalam rangka meneliti berkas administrasi pendaftaran bakal calon legislatif. Hal ini bertujuan agar berkas administrasi pendaftaran itu bisa dicermati dengan baik.

"Jadi tiap-tiap tim itu mengurusi beberapa partai politik agar tidak ngacak berkas pendaftarannya. Karena biasanya partai politik mengajukan calonnya diakhir waktu pendaftaran. Mungkin ini keinginan parpol ya," tambahnya.

Ia pun mengatakan, pihaknya telah menginformasikan kepada para pengurus partai politik untuk segera memanfaatkan waktu pendaftaran sejak pendaftaran dibuka agar tidak terjadi kepadatan pengajuan calon di akhir batas waktu.

"Sudah kita berikan informasi kepada partai politik agar pendaftaran itu sesuai dengan jadwal. Minimal jangan terlalu menumpuk di tanggal 17 semua," imbuhnya.

Berdasarkan tahapan pendaftaran caleg pemilu 2019, setelah pengajuan dan verifikasi administrasi daftar calon usai, KPU turut memberikan waktu perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti selama sembilan hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 10 Parpol telah menyampaikan informasi ke KPU Kota Tangerang rencana waktu pendaftaran Bacaleg. Misalnya, Partai Nasdem, PAN, dan Golkar akan mendaftarkan Bacalegnya, Senin (16/7/2018), sementara Partai PPP, PSI, Gerindra, PKB, Demokrat, dan PDI Perjuangan akan mendaftar di Selasa (17/7/2018).

"Rencananya kami mendaftarkan Bacaleg tanggal 17, hari terakhir. Pastinya kami akan tertib sesuai dengan yang disampaikan KPU," ujar Gatot Wibowo, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang.(MRI/HRU)

TANGSEL
Hore, Ojol di Tangsel Segera Boleh Angkut Penumpang

Hore, Ojol di Tangsel Segera Boleh Angkut Penumpang

Rabu, 15 Juli 2020 | 16:57

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan memberikan kelonggaran dan izin bagi pengemudi ojek online (ojol) untuk kembali mengangkut penumpang di tengah pandemi COVID-19 ini

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

AYO! TANGERANG CERDAS
Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Sabtu, 4 Juli 2020 | 13:11

TANGERANGNEWS.com-Fase perkembangan anak membutuhkan pendampingan intens dari orang dewasa. Kemudahan mengakses internet membuat

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi