Connect With Us

Ini Tim Metazoa 25, Unit Pemelihara Satwa di Taman Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 23 Juli 2018 | 17:36

| Dibaca : 700

Tim Metazoa 25 mengepalkan tangan kanannya sebagai tanda bekerja keras menjaga hewan saat bertugas di Taman Burung Perak, Kota Tangerang. (@TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi )

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyiagakan Tim Metazoa 25. Tim ini bertugas untuk merawat dan menjaga satwa yang berada di taman-taman Kota Tangerang. 

Kasie Perencanaan Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang Yulianto Wibisono mengatakan, Tim Metazoa 25 yang terdiri dari enam personil tersebut merupakan unit pemelihara satwa dibawah bidang pertamanan dan dekorasi kota.

Metazoa memiliki tugas utama untuk melestarikan dan melindungi satwa-satwa yang ada di taman seperti di Taman Burung dan Taman Kunci.

"Pada pagi hari petugas melakukan pengecekan keadaan satwa. Bila menemukan satwa sakit atau mati, petugas segera melapor. Kemudian setelah melakukan pengecekan, petugas melakukan pembersihan pada tempat pakan, minum, serta area kandang," ujarnya kepada TangerangNews, Senin (23/7/2018) 

Setelah dibersihkan, petugas akan menyiapkan pakan dan air minum untuk diberikan kepada satwa. Kawasan taman pun tak luput untuk dibersihkan sebelum menyambut kedatangan pengunjung.

"Area taman dibersihkan seperti menyapu, menyiram, serta memberikan desinfektan pada area kandang untuk menjaga kebersihan yang berpengaruh pada kesehatan satwa," ungkapnya.

Saat kedatangan pengunjung, Petugas Metazoa 25 mendampingi dan memberikan edukasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan satwa. Mulai dari jenis satwa, karakteristik satwa, cara berkembang biak, pakan yang diberikan, hingga tingkah laku dan kebiasaan satwa itu sendiri.

"Petugas juga melakukan pengobatan ataupun kegiatan pengecekan lebih lanjut terhadap satwa-satwa yang membutuhkan perhatian khusus seperti sedang sakit, sedang laktasi/menyusui, sedang bunting/hamil," katanya.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan satwa, Disbudpar berkordinasi dengan tim dari Dinas Ketahanan Pangan. Mereka secara rutin memantau kesehatan serta memberikan vaksinasi kepada satwa.

"Tim kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan turut memantau kesehatan hewan di taman," paparnya.(RAZ/HRU)

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

BANDARA
Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Senin, 17 Februari 2020 | 20:19

TANGERANGNEWS.com–Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan artis Lucinta Luna positif mengonsumsi Amfetamin yang

MANCANEGARA
Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Tenaga Medis dari Seantero Tiongkok Dikerahkan untuk Melawan Virus Corona

Selasa, 28 Januari 2020 | 18:05

TANGERANGNEWS.com-Tiongkok mengerahkan staf medis dari seluruh negeri untuk membantu Provinsi Hubei mengendalikan wabah virus corona yang membuat Negeri Tirai Bambu itu kewalahan

TANGSEL
Maling Sepeda Motor Kembali Beraksi di Pondok Benda, Sebulan 2 Kejadian

Maling Sepeda Motor Kembali Beraksi di Pondok Benda, Sebulan 2 Kejadian

Kamis, 27 Februari 2020 | 00:09

TANGERANGNEWS.com-Eki Doni, warga di Jalan Arjuna RT 02/08 No.12, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, menjadi korban pencurian sepeda motor

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt