Connect With Us

Ini Tim Metazoa 25, Unit Pemelihara Satwa di Taman Kota Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 23 Juli 2018 | 17:36

Tim Metazoa 25 mengepalkan tangan kanannya sebagai tanda bekerja keras menjaga hewan saat bertugas di Taman Burung Perak, Kota Tangerang. (@TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi )

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyiagakan Tim Metazoa 25. Tim ini bertugas untuk merawat dan menjaga satwa yang berada di taman-taman Kota Tangerang. 

Kasie Perencanaan Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang Yulianto Wibisono mengatakan, Tim Metazoa 25 yang terdiri dari enam personil tersebut merupakan unit pemelihara satwa dibawah bidang pertamanan dan dekorasi kota.

Metazoa memiliki tugas utama untuk melestarikan dan melindungi satwa-satwa yang ada di taman seperti di Taman Burung dan Taman Kunci.

"Pada pagi hari petugas melakukan pengecekan keadaan satwa. Bila menemukan satwa sakit atau mati, petugas segera melapor. Kemudian setelah melakukan pengecekan, petugas melakukan pembersihan pada tempat pakan, minum, serta area kandang," ujarnya kepada TangerangNews, Senin (23/7/2018) 

Setelah dibersihkan, petugas akan menyiapkan pakan dan air minum untuk diberikan kepada satwa. Kawasan taman pun tak luput untuk dibersihkan sebelum menyambut kedatangan pengunjung.

"Area taman dibersihkan seperti menyapu, menyiram, serta memberikan desinfektan pada area kandang untuk menjaga kebersihan yang berpengaruh pada kesehatan satwa," ungkapnya.

Saat kedatangan pengunjung, Petugas Metazoa 25 mendampingi dan memberikan edukasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan satwa. Mulai dari jenis satwa, karakteristik satwa, cara berkembang biak, pakan yang diberikan, hingga tingkah laku dan kebiasaan satwa itu sendiri.

"Petugas juga melakukan pengobatan ataupun kegiatan pengecekan lebih lanjut terhadap satwa-satwa yang membutuhkan perhatian khusus seperti sedang sakit, sedang laktasi/menyusui, sedang bunting/hamil," katanya.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan satwa, Disbudpar berkordinasi dengan tim dari Dinas Ketahanan Pangan. Mereka secara rutin memantau kesehatan serta memberikan vaksinasi kepada satwa.

"Tim kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan turut memantau kesehatan hewan di taman," paparnya.(RAZ/HRU)

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill