Connect With Us

74.981 Warga Kota Tangerang Nganggur, Ini Kata Gubernur Banten

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 26 Juli 2018 | 13:00

Terlihat para pelamar yang mengikuti Bursa job fair 2018 yang diselenggarakan di Mall Metropolis Town Square, Kota Tangerang berdesak desakan. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang berada di urutan ke dua terkecil kota/kabupaten se-Provinsi Banten mengenai angka pengangguran. Sebanyak 74.981 warga kota Tangerang yang didominasi lulusan SMK saat ini berstatus pengangguran.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, banyaknya angka pengangguran di kota seribu industri dan sejuta jasa tersebut karena minimnya perhatian investor.

Ia mengatakan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mesti memiliki program yang bisa menarik perhatian investor agar pemodal berinvestasi di Kota Tangerang.

"Ya harusnya Wali Kota membuat program-program unggulan yang bisa menarik investasi, sehingga membuka lapangan kerja. Karena ini kan kaitan dengan investasi," ucapnya saat ditemui di SMKN 2 Tangerang, Kamis (26/7/2018).

Wahidin menyebut saat ini para investor yang telah menanamkan modalnya di kota Tangerang berniat untuk pindah ke daerah lain. Selain itu, angka pengangguran juga disebabkan banyaknya kaum urban yang datang tidak mempunyai skill yang dibutuhkan perusahaan.

"Memang ada persoalan di kota ini pendatang yang tidak terkontrol. Skill yang mereka datang kesini tidak memadai. Terus juga banyak industri yang mulai berpindah lokasi," ujar mantan Wali Kota Tangerang dua periode ini.

Terkait banyaknya pengangguran yang didominasi lulusan SMK, Wahidin bertutur bahwa para calon siswa sekolah lanjutan tingkat atas harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Selain itu, Wahidin juga akan menyediakan sekolah-sekolah kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena dalam hal ini SMA/SMK merupakan kewenangan Pemprov Banten.

"Instruktur guru harus kompeten dan alat praktek harus diadakan. Atau jurusan-jurusan multimedia sekarang sudah jenuh kita ganti dengan jurusan kimia," paparnya.

Sebelumnya, Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang mencatat sebanyak 74.981 orang yang berusia produktif saat ini berstatus pengangguran.(RAZ/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

NASIONAL
Kenapa Puasa Bikin Bau Mulut? Dokter Jelaskan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Puasa Bikin Bau Mulut? Dokter Jelaskan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:12

Bulan Ramadan merupakan bulan di mana umat Islam berpuasa selama sebulan penuh.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill