Connect With Us

Semarak Asian Games, Pedayung Mancanegara Ramaikan Festival Cisadane Untuk Incar Wisatawan

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 2 Agustus 2018 | 19:00

| Dibaca : 1830

Festival Cisadane. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kembali menggelar Festival Cisadane. Festival yang telah menjadi agenda wisata rutin di Kota Tangerang tersebut rencananya dihelat pada 25 hingga 31 Agustus 2018.

Penyelenggaraan festival pada tahun ini sangat unik. Pasalnya, festival dikemas dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-73 sekaligus menyemarakkan Asian Games.

Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan festival yang bertujuan untuk menarik wisatawan tersebut akan dimeriahkan oleh peserta lomba dayung perahu naga dari 9 negara.

Tak hanya lomba dayung perahu naga, lomba lainnya yaitu lomba perahu hias dan karnaval budaya yang akan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang serta elemen masyarakat pun akan digelar di festival tersebut.

"Jadi yang beda ini mengundang beberapa negara yang memang kebetulan ikut Asian Games yang ditarik oleh PB PODSI untuk ikut Festival Cisadane," ujarnya kepada TangerangNews, Kamis (2/8/2018).

Even terbesar di Kota Tangerang ini tengah dipersiapkan dengan matang. Sarana penunjang acara kegiatan juga masih digarap. Hingga kini, Rizal mengklaim persiapan baru mencapai 40 persen.

"Persiapannya masih on-proses. Sekarang pengisi-pengisi acaranya sudah oke semua. Tinggal nunggu pendaftaran dragon boot (perahu naga)," ucapnya.

Pemerintah Kota Tangerang sebelumnya juga telah menggandeng pengusaha hotel dan restoran untuk menyosialisasikan perhelatan ini. Pasalnya, diharapkan even ini bisa menarik wisatawan asing maupun lokal.

"Kami sih semua pengusaha bisa berperan aktif. Karena lewat festival ini kami ingin lebih memperkenalkan kota Tangerang dan mengajak wisatawan bahwa kota ini layak dikunjungi," tutur Rizal.

Selama dua tahun terakhir, Festival Cisadane telah menyedot pengunjung dari berbagai daerah. Tahun lalu festival ini jumlah pengunjung mencapai 20 ribu orang. Pada penyelenggaraan tahun ini diharapkan angkanya bisa tembus angka 40 ribu orang

"Target tahun ini harus lebih, kita optimis mencapai target pada pengunjung," katanya.

Terpisah, Kasie Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kota Tangerang Edi Ruhiyat mengatakan pihaknya masih menunggu kabar dari Pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) terkait keikutsertaan 9 negara yang akan mengikuti perlombaan dayung perahu naga.

"Jadi kita dari Dispora ada kegiatan lomba dayung yang diikuti Internasional rencananya ada 9 negara yang ikut, tapi kita masih menunggu peserta itu terakhir akan dikabari pada 13 Agustus 2018," ujarnya.

Meskipun tidak diikuti oleh peserta dari luar negeri, festival masih akan tetap berlanjut. Tetapi, Edi percaya diri bahwa perlombaan dayung perahu naga tersebut bakal diikuti para peserta mancanegara. Karena menurutnya hadiah yang akan diberikan bagi pemenang sangat besar nominalnya.

Jika peserta luar negeri pasti ikut lomba dayung perahu naga, maka timnya akan beradu dengan sejumlah tim dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Ya pastinya dari luar negeri harus ada. Dan juga didalam negeri itu antusias banget seperti dari Makassar, Cilacap pasti ikut karena hadiahnya cukup besar," jelasnya.

Lanjut Edi menjelaskan teknis perlombaan dayung perahu naga. Menurutnya, ada dua kelas yang akan diikuti para peserta. Kelas pertama adalah berjarak 500 meter dan kelas kedua berjarak 300 meter.

Juara 1 pada kelas pertama akan diberi hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 40 juta, juara 2 senilai Rp 30 juta dan juara 3 senilai Rp 20 juta.

Sedangkan untuk juara 1 pada kelas kedua akan diberi hadiah sebesar Rp 30 juta, begitupula juara 2 senilai Rp 20 juta dan juara 3 hanya Rp 10 juta.

"Jadi lombanya ada dua kelas. Dan tiap timnya juga dibagi menjadi dua ada yang khusus pria dan pria-wanita (campuran)," paparnya.

Festival Cisadane juga akan diramaikan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan pemerintah. Dari 130 stan yang tersedia, sebanyak 81 stan dikhususkan untuk para UKM menjajakan dagangannya, dan sisa stannya dipakai untuk pelayanan.

Kasie Promosi dan Kemitraan Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Aceu Ciptaningsih menjelaskan, saat ini para pelaku UKM tengah bersaing untuk bisa berjualan di Festival Cisadane. Karena pemerintah sengaja memilah pelaku usaha yang sesuai kriterianya.

"Sudah mulai pendaftaran UKM dan kita pilah-pilah karena menginginkan UKM yang produksinya bagus. Diusahakan juga perizinannya sudah punya," jelasnya.

Aceu berturut, para pelaku UKM yang akan hadir di festival adalah pelaku usaha yang telah terverifikasi dari bagian daya saing Dinas Koperasi dan UKM. Menurutnya, Pemerintah juga mengundang para pelaku UKM dari tiap-tiap kota/kabupaten se-Provinsi Banten.

"Kami prioritaskan UKM dari kota Tangerang. Jadi ada 73 stan buat pelaku UKM lokal dan sisanya 8 stan disiapkan dari kota/kabupaten se-Provinsi Banten," imbuhnya.

Para pelaku UKM akan menjajakan dagangan di festival diantaranya seperti kuliner, snack, fashion, assesoris dan lain-lain. 

"Mereka UKM itu laku makanya nih skrng ini pada berebut karena tahun lalu itu pasarannya cukup bagus," tukasnya.(MRI/RGI)

NASIONAL
WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:24

TANGERANGNEWS.com-Wanita Selam Indonesia (WASI) memecahkan rekor dunia dengan pengibaran bendera Merah Putih seluas 1.014 meter persegi di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya di kawasan Megamas.

BANTEN
SMSI Banten Bantu Pendaftaran Media Online ke Dewan Pers

SMSI Banten Bantu Pendaftaran Media Online ke Dewan Pers

Jumat, 23 Agustus 2019 | 08:59

TANGERANGNEWS.com-Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi akan melakukan pendataan anggotanya, yakni perusahaan pers yang belum

BISNIS
Jadi Startup Cukur Rambut Online, DKapster Berpotensi Sukses

Jadi Startup Cukur Rambut Online, DKapster Berpotensi Sukses

Minggu, 18 Agustus 2019 | 10:00

TANGERANGNEWS.com—Industri berbasis digital terus tumbuh seiring laju industri 4.0. Beragam inovasi muncul untuk memudahkan konsumen mendapatkan layanan tertentu.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt