Connect With Us

Rocky Gerung : Kota Tangerang Harus Jadi Kota Multikultural

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 28 Agustus 2018 | 12:46

Akademisi Rocky Gerung menjadi pembicara dalam acara Monday Executive Sharing Session (MESS) di Ruang Akhlakul Karimah, Puspemkot Tangerang. (TangerangNews.com/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Akademisi Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung mengatakan Kota Tangerang harus dipersiapkan sebagai kota multikulturalme yang kaya akan keberagaman budaya.

Menurut dia, Kota Tangerang adalah pintu gerbangnya Indonesia. Sebab, Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di Tangerang, sehingga masyarakat berhubungan langsung dengan multikulturalisme global.

"Kota Tangerang itu pintu pagar dari republik ini. Pintu masuknya Jakarta tapi sebelum masuk ke rumah, buka pagar dulu. Pagarnya di Tangerang," ujarnya, Selasa (28/8/2018).

Rocky menyebut mempersiapkan Kota Tangerang sebagai kota multikultural adalah semacam akidah politik pemerintah. Beragam budaya harus tercermin di kota yang jumlah penduduknya mencapai 2.047.000 jiwa ini.

"Mempersiapkan Tangerang jadi kota multikultural karena dia mesti berinteraksi, hitung saja setiap kali pesawat turun (di Bandara Soetta) dia turun di kota multikultural, jadi mesti tercermin di situ," ucapnya.

Rocky sendiri sudah mengenal Tangerang sejak 30 tahun yang lalu atau pada tahun 1988, sebelum kota ini megah seperti sekarang. Sejak mengenal Tangerang, Rocky sudah merasakan multikulturalme di kota seribu industri dan sejuta jasa ini.

"Saya kenal Tangerang sejak masih remaja. Dan dari awal ada kehidupan yang multikultural di sini ada variasi etnis, tapi ada juga semacam harga diri yang tinggi," katanya.

Saat ini, Rocky menilai penduduk di Tangerang mengalami pertumbuhan lantaran berkembangnya teknologi. Menurutnya, perkembangan teknologi informasi ini bisa mengubah demografi sosial, kemudian bisa menghasilkan jenis psikologi yang baru pada masyarakat Kota Tangerang.

Pertumbuhan akibat perkembangan teknologi tersebut dapat dinilai dari setiap terselenggaranya pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Tangerang.

"Ya dinilai setiap kali ada Pilkada, setinggi apa konfliknya, atau seberkualitas apa debat publik diantara para kandidat," paparnya.(RAZ/HRU)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill