Connect With Us

Kali Sipon Menyempit, Batu Ceper Langganan Banjir

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 25 September 2018 | 17:00

Warga menunjukkan Kali Sipon yang mengalir di sepanjang Jalan Halim Perdanakusuma, Batuceper, Kota Tangerang. Kali Sipon tersebut menjadi penyebab banjir terhadap pemukiman warga RT05/04 Kelurahan Batuceper. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Warga RT 05/04 Kelurahan Batuceper, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang mengantisipasi banjir musiman di pemukiman ini. Pasalnya, wilayah itu menjadi langganan banjir setiap kali turun hujan deras.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Fahmi, fenomena itu telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, kata dia, banjir tak hanya melanda saat wilayah diguyur hujan, namun juga kerap diakibatkan banjir kiriman karena meluapnya air di kali Sipon.

"Di setiap tahun pas musim hujan di sini selalu kebanjiran. Maksimal air tergenang di rumah warga sekitar 60 centimeter. Kami juga was-was (waspada) saat musim hujan datang," ujarnya saat ditemui TangerangNews di bilangan Batuceper, Selasa (25/9/2018).

Berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah tersebut pun sudah dilakukan warga. Salah satunya dengan membersihkan sampah yang ada di kali sipon yang mengalir di Jalan Halim Perdanakusuma.

"Upaya minimalisir warga setempat bersama-sama membersihkan sampah di kali tersebut. Tapi selama tiga bulan sekali, warga sekitar melakukan bersih-bersih di sekitar lokasi," tambahnya.

Ditambahkan Ketua RT 05/04 Samlawi, pemicu banjir karena selain terjadi penyempitan kali Sipon karena berdirinya bangunan liar, juga karena adanya pendangkalan kali Sipon akibat pengendapan lumpur. Hal ini berdampak meluapnya air ke pemukiman.

"Kita kerja bakti juga tidak maksimal, karena banyak bangunan liar di atas kali. Sejak dulu memang bangunan itu sudah ada, tapi tidak sepadat sekarang. Nah, bangunan tersebut berdampak banjirnya ke pemukiman warga di wilayah kelurahan Batuceper," ungkapnya.

Sementara Lurah Batuceper Edi mengatakan, pihaknya telah memberikan imbauan bersifat tertulis kepada warga untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

 Warga terdampak, kata dia, agar melaksanakan kerja bakti secara intensif, membersihkan saluran air atau drainase, dan melakukan pelaksanaan 3 M (menutup, menguras dan mengubur).

Edi menjelaskan, bahwa bangunan yang berdiri di tepi kali Sipon yang disebut-sebut warga bangunan liar terdata di wilayah kelurahan Kebon Besar. Menurut Edi, sekitar 31 kepala keluarga yang bermukim di RT 05/04 Kelurahan Batuceper terdampak banjir akibat bangunan tersebut.

"Sudah saya himbau terkait antisipasi banjir. Harapan kita itu ada intervensi dari kota (instansi terkait) untuk kembalikan wilayah tersebut menjadi wilayah hijau. Kita kan tidak ada wewenang, cuma himbauan-himbauan saja," tuturnya.

Diketahui, warga setempat juga baru saja terkena dampak musibah banjir akibat bocornya pipa jaringan distribusi utama milik PDAM Tirta Benteng selama satu pekan terakhir.(MRI/RGI)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill