Connect With Us

Bilik & Kotak Suara Pemilu 2019 Diproduksi di Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 30 September 2018 | 21:34

| Dibaca : 729

Terlihat Pekerja di PT CMBP Kosambi Tangerang memproduksi bilik suara dan kotak suara untuk digunakan di Pemilu 2019. (TangerangNews.com/2018 / Ahmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Bilik suara dan kotak suara untuk Pemilu 2019 mulai diproduksi. Sebanyak 2.100.000 bilik suara dan 4.060.000 unit kotak suara diproduksi di empat perusahan berbeda. 

Keempat perusahan itu diantaranya PT Cipta Multi Buana Perkasa (PT. CMBP), Tangerang; PT Karya Indah Multiguna (PT. KIM), Bekasi; PT Asada Mitra Packindo, Serang; dan PT Intan Ustrix, Gresik.

KPU

Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik KPU RI pun meninjau langsung produksi perdana bilik dan kotak suara itu di PT. CMBP, Kawasan Sentra Kosambi, Tangerang, Minggu (30/9/2018).

"Hari ini KPU secara resmi memulai proses produksi kotak suara dan bilik suara untuk pemilu 2019 nanti. Kan pemenang lelang secara elektronik menggunakan e-katalog," ujar Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi.

"Ini hanya formalitas, secara resmi padahal sebenarnya kalau proses bilik suara sudah dimulai dari tiga hari lalu, sementara kalau kotak suara baru kita mulai hari ini," sambungnya.

Pramono menjelaskan, jumlah kotak suara yang diproduksi secara keseluruhan mencapai 4.060.000, sementara bilik suara hanya 2.100.000.

Menurut dia, jumlah bilik suara yang diproduksi tersebut hanya sebagian karena  pihaknya masih memanfaatkan 1.200.000 bilik suara jenis alumunium. Hal ini dilakukan untuk mengefisienkan anggaran.

"Kebutuhan kita itu kan kira-kira 3,3 juta sehingga 1,2 juta masih digunakan yang aluminium," ucapnya.

Sementara untuk anggaran untuk produksi tersebut, lanjut Pramono, kotak suara mencapai Rp284 miliar, sementara bilik suara mencapai Rp60 miliar.

Ia menambahkan logistik kotak suara yang diproduksi di Tangerang ini nantinya akan didistribusikan ke 8 provinsi, sedangkan bilik untuk 22 provinsi di Indonesia.

Selain itu, ia juga meminta kepada PT. CMBP dan perusahan pemenang tender agar tepat waktu dalam produksi bilik dan kotak suara tersebut hingga 64 hari ke depan.

"Jadi memang ini bahkan mulai kalau kita lihat jadwal secepatnya sudah mulai distribusi, makanya ini langsung kita distribusikan langsung ke daerah-daerah," tukasnya.(RMI/HRI)

TANGSEL
Polsek Cisauk Tahan Warga karena Hakimi Maling, Wakapolres Turun Tangan

Polsek Cisauk Tahan Warga karena Hakimi Maling, Wakapolres Turun Tangan

Kamis, 18 Oktober 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Wakapolres Tangsel Komisaris Polisi (Kompol) Arman menerima warga Kademangan yang mendemo Kantor Mapolsek Cisauk, Jalan Raya Lapan, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Kamis (18/10/2018).

NASIONAL
Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Dihadiri Jokowi, LDII Usulkan Fokus Pembangunan Nasional di Rakernas

Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar Rakernas yang diikuti 1.500 peserta dari tingkat Dewan Perwakilan Wilayah (Provinsi) dan Dewan Perwakilan Daerah (Kabupaten/kota), Kamis (11/10/2018).

HIBURAN
Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Senin, 15 Oktober 2018 | 18:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sukses membuat Pasar Jajan di Taman Potret dan Taman Gajah dengan konsep modern dan milenial, Pemerintah Kota

MANCANEGARA
Ngeri, 11 Mayat Bayi Ditemukan Membusuk di Bekas Rumah Duka AS

Ngeri, 11 Mayat Bayi Ditemukan Membusuk di Bekas Rumah Duka AS

Minggu, 14 Oktober 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.comKepolisian Detroit, Amerika Serikat (AS), menemukan 11 jasad bayi di sebuah bekas rumah duka. Jasad belasan bayi itu itu berada di langit-langit rumah dengan kondisi sudah membusuk.

"Seseorang yang tak pernah membuat kesalahan tak akan pernah mencoba sesuatu yang baru."

Albert Einstein